Pariwara
Metro Kendari

Dianggarkan Rp 1,8 Miliar, Jalan Rusak Samping KONI Siap Dibenahi

KENDARIPOS.CO.ID — Ruas jalan yang mengalami kerusakan di Kota Kendari akan dibenahi tahun ini. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kendari akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 1,8 miliar untuk mengaspal jalan rusak, terutama jalan di samping Sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia Sulawesi Tenggara. Plt. Kepala Dinas PU Kota Kendari, Mahmud Buburanda menuturkan jalan KONI sudah dibahas untuk diaspal dan tahun ini akan dilaksanakan. Pemkot memperbaiki jalan tersebut agar tidak digenangi air bila hujan.

Menurutnya, anggaran sudah dialokasikan dari DAU, jadi saat ini masih menunggu proses pelelangan jasa konsultan perencanaannya. Jika, pemenang tender sudah ditentukan, maka pemerintah akan mendiskusikan desainnya. “Apakah akan menggunakan box culvert atau seperti apa, itu nanti kita bahas. Yang jelas, kami tidak inginkan lagi banjir di sana,”kata dia

Mahmud mengaku sudah melihat kondisi jalan tersebut. Panjang jalan kurang lebih 430 meter. Untuk mencegah banjir, maka pihaknya berencana akan memperluas drainase. Dia juga menyebutkan, akan menggunakan konstruksi aspal AC-BC untuk perbaikannya nanti. Sesuai dengan komitmen wali kota, kata program pemerintah tahun 2018 adalah pembangunan konstruksi jalan. “Jalan-jalan yang masih rusak di kota Kendari akan diperbaiki. Di setiap kecamatan akan dibuat ruang terbuka hijau,” cetusnya.

Keinginan wali kota, kata Mahmud, mensejahterakan masyarakat dengan lingkungan yang baik. Dan, yang utama mengupayakan agar tidak terjadi banjir di Kendari. Tahun 2018 ini, Pemkot mendapat DAK dari pemerintah pusat sebesar Rp 869, 7 Miliar. Duit itu difokuskan menata jalan-jalan di Kota Kendari. (ade/c)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top