Space Iklan
Pariwara
Metro Kendari

70 Titik Jalan di Kota Kendari Rawan Pohon Tumbang

KENDARIPOS.CO.ID — Anomali cuaca bisa jadi menjadi sinyal peringatan bencana. Bukan hanya soal banjir dan tanah longsor, pohon tumbang juga kerap mewarnai musim hujan dan angin kencang di Kota Kendari. Setidaknya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari telah mencatat 70 titik jalan kota yang dianggap rawan pohon tumbang.  Plt. Kepala DLHK) Kendari Mohammad Nur Razak mengatakan pihaknya saat ini tengah mendata pohon-pohon yang sudah dianggap rawan. Data sementara ada 70 titik yang sudah mengkhawatirkan. Pemerintah akan segera melakukan pemangkasan atau penebangan. ” Yah, kita sementara mendata, dan itu sudah 70 titik yang dianggap rawan, tapi belum selesai, anak buah saya masih keliling memantau,” jelasnya.

Mantan Sekretaris Dinas Kebersihan itu melanjutkan, agenda pemangkasan pohon itu terkendala dengan padatnya arus lalu lintas setiap hari. Sehingga Pemkot harus tetap berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mendapatkan back up. “Jelas akan mengganggu arus lalulintas, jadi tetap kita akan minta bantuan kepolisian juga untuk mengatur arus lalu lintas,” katanya.

Selain pertimbangan jalan umum yang selalu padat kendaraan, kata dia, jaringan kabel PLN juga menjadi salah satu kendala. Apalagi, dahan dan ranting pohon banyak yang bersentuhan langsung dengan kabel-kabel PLN. “Anak buah saya banyak yang tidak berani juga. Tapi kita akan maksimalkan ini dengan menggunakan alat crane yang akan kita pinjam dari Bagian Sumber Daya Aalam,” tambahnya.

Dijelaskannya, ciri-ciri pohon rawan tumbang itu yakni posisi pohon yang sudah terlalu menjurus ke jalan dan akan akarnya sudah banyak berada diatas tanah. Ada pula karena ulah manuasinya dengan menguliti pohon sehingga gampang mati, lalu tumbang. “Jadi setelah kita lihat titik paling rawan itu ada di jalur BRI menuju Benubenua. Itu paling banyak pohon yang sudah layak dipangkas lagi. Insya Allah dalam waktu dekat ini kita sudah turun lapangan,” pungkasnya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top