Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Verifikasi Faktual Bapaslon Independen di Baubau Tuntas

Ilsutrasi Verifikasi

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Baubau telah menuntaskan proses verifikasi faktual syarat dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) jalur perseorangan. Sejak 30 Januari hingga 5 Februari 2018, Panitia Pemungutan Suara (PPS) turun lapangan menemui pemilik KTP untuk mengverifikasi syarat dukungan yang diajukan dua Bapaslon jalur independen.

Belum diketahui siapa dari dua Bapaslon independen (Ibrahim Marsela-Ilyas dan Nursala-Nurman Dani) yang memenuhi syarat dukungan untuk kemudian ditetapkan sebagai calon wali kota dan wakil wali kota. Alasanya, semua harus dilakukan sesuai tahapan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh KPU Republik Indonesia (RI).

“Saat ini, verrifikasi faktual syarat dukungan jalur independen memang telah selesai. Tetapi hasil verifikasinya kita belum tahu. Kita tidak bisa berasumsi siapa yang lolos dan siapa yang tidak lolos. Semua harus dilakukan sesuai tahapan yang ada,” kata Devisi Teknis KPUD Kota Baubau, La Ode Ijidman, saat dikonfirmasi selasa (6/2).

Setelah verifikasi faktual dilakukan, lanjut dia, PPS akan melakukan rekap di tingkat kecamatan dan diplenokan. Agendanya mulai 6 hingga 7 Februari 2018 mendatang. “Setelah itu akan dilanjutkan rekap dan pleno oleh KPUD Baubau, 8 hingga 9 Februari 2018. Nah, dari situ hasil akhirnya bisa diketahui. Siapa yang memenuhi syarat dukungan dan siapa yang tidak memenuhi syarat dukungan untuk ditetapkan menjadi calon,” terangnya.

Ia menambahkan, selama proses verifikasi faktual dilakukan, pihaknya tidak menemukan kendala berarti. Semua proses dapat dilalui dan dilakukan dengan baik oleh anggota PPS di Baubau. “Sama sekali tidak ada masalah yang berat. Tahap verifikasi berjalan sesuai yang kita harapkan dan tepat waktu,” pungkasnya. (ahi/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top