Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Bau-bau

Trip Kapal Niaga di Baubau Perlu Ditambah

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan Kota Baubau sebagai sentra persinggahan kapal-kapal niaga telah berlangsung sejak lama. Ditunjang dengan kawasan pelabuhan yang memadai, menjadikan Baubau ebagai daerah pemasok barang dagang masyarakat. Mulai dari sembako, pakaian hingga material bahan bangunan. Meski demikian, semua itu belum sepenuhnya dianggap maksimal. Sebab, jadwal kapal pemasok barang yang keluar masuk pelabuhan Kota Semerbak itu dinilai masih kurang. Sehingga mengakibatkan proses bongkar muat barang menjadi tidak stabil. Hal itu diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Sekretariat Kota Baubau, La Ode Ali Hasan.

“Yang dinginkan masyarakat khususnya para pedagang atau pengusaha adalah jadwal kapal yang keluar masuk Baubau bisa lebih intens. Jangan satu kali satu bulan, tetapi kalau bisa setiap minggu ada,” kata La Ode Ali Hasan, Selasa (6/2). Pada dasarnya, lanjut Plt Diretur PDAM Kota Baubau itu, keberadaan kapal niaga yang jadwalnya sebulan sekali masuk Baubau, sudah cukup membantu. Hanya saja, karena meningkatnya permintaan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat saat ini, maka jadwal trip kapal niaga juga harus bertambah. Untuk terus memenuhi ketersediaan barang dalam masyarakat.

“Seperti sembako misalnya, rata-rata pasokanya dari Surabaya. Sehingga kalau stok habis harus menunggu jadwal kapal untuk mengambil stok. Begitu pula dengan para pengusaha dan petani rumput laut, meski sudah memiliki barang untuk dipasarkan keluar daerah, tetapi tidak bisa dilakukan kalau kapal belum ada,” terang La Ode Ali Hasan. Makanya, kata dia pihaknya sangat menyambut baik program pemerintah pusat yang menjadikan Kota Baubau sebagai salah satu rute yang akan dilalui tol laut. Karena dengan begitu, intensitas kapal niaga maupun kapal penumpang yang keluar masuk Baubau bisa lebih banyak. Sehingga bisa nendorong kelancaran proses bongkar muat dan penyaluran stok barang ke masyarakat.

“Dengan adanya tol laut, maka sudah pasti jadwal keluar masuknya kapal niaga akan lebih intens. Harganya juga akan lebih murah dibandingkan perusahan atau kapal lain. Arus barang dan perekonomian masyarakat akan meningkat karena proses bongkar muat atau jual beli menjadi lancar,” tutup Ali Hasan, sapaan akrab La Ode Ali Hasan. (b/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top