Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Siswa SMKN 3 Kendari Diajari Table Manner


Notice: Undefined variable: amazondisplaywidget in /home/kendaripos/public_html/wp-content/plugins/wp-auto-affiliate-links/aal_engine.php on line 503

Lindri Merinda/Kendari Pos Siapkan Alumni Siap Kerja: Siswa SMKN 3 Kendari tampak serius mengikuti table manner di Hotel Horizon, selasa (6/2).

KENDARIPOS.CO.ID — Misi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kendari adalah menciptakan alumni yang langsung diserap dunia kerja. Makanya, dalam pembelajaran, 70 persennya adalah praktik. Kemarin, siswa-siswi sekolah itu, praktik lapangan di Hotel Horizon Kendari. Sebanyak 71 siswa-siswi yang berasal dari kelas X jurusan perhotelan didampingi para guru, belajar di Hotel Horizon. Mereka diajari table manner atau etika makan.

Mereka diajari langsung, bagaimana attitude di meja makan saat menghadapi hidangan, beserta tata cara penggunaan peralatan baik itu sendok makan, garpu, pisau makan, sendok buah maupun serbet. Dalam praktiknya, siswa-siswi dari 3 kelas perhotelan itu, dipandu salah seorang guru perhotelan, Dra. Hera yusran dan didampingi 3 guru lainnya diantaranya Nurmima dan Nurdian Juhasin, M.Par.

Menurut Dra. Hera Yusran, semua siswa jurusan perhotelan diajari table manner dengan tujuan, mereka bisa mengenali etiket makan. Sehingga saat tamat, sudah siap diserap dunia kerja. “Tujuan akhirnya memperkenalkan bagaimana anak-anak itu, perhatikan saat nikmati sajian makanan yang dihidangkan, bagaimana tata cara waitresnya itu menyajikan hidangan. Sehingga saat mereka tamat, mereka sudah ketahui tata cara melayani dan menyajikan tamu makan,” katanya, selasa (6/2).

Pada dasarnya, kata dia, di kurikulum 2013, mata pelajaran food and beverages service (FABS) sudah ditiadakan. Tapi pihak sekolah, terutama para guru jurusan perhotelan merasa perlu untuk mengajarkan FABS pada anak didiknya. “Sehingga kita di perhotelan, harus memperkenalkan anak didik dengan cara begini. Mereka kita ajak makan di hotel, kemudian anak-anak kita kenalkan, peralatan yang ada di tata hidang food and beverages service itu sendiri. Jadi, ini praktik pertama dan pertama kali kita laksanakan ini sejak mata pelajaran ini tidak ada lagi di kurikulum 2013,” jelasnya.

Untuk mata pelajaran tersebut, ada lima giliran hidangan makanan, yakni 2 macam hidangan pembuka, cold and hot advertiser, main course (hidangan utama) dan dessert (hidangan penutup) serta tea or coffee. Guru Perhotelan lain, Nurdian Juhasin, M.Par menambahkan, selain kunjungan ke Hotel Horizon, anak didiknya sudah lebih dulu ikut casual hotel sebagai daily worker di Grand Clarion Hotel. Biasanya, kata dia, 80 siswa ikut dalam sebulan, tergantung event yang diselenggarakan. “Misalnya Chinese Wedding biasanya mereka butuh banyak daily worker,” jelasnya.

Sementara itu, siswa kelas X perhotelan, Wulan dan Ipong mengaku baru pertama kalinya ke hotel. Mereka sangat senang mendapat praktik langsung tentang table manner. Sebab, selama ini mereka baru pertama kali menghadapi makanan yang dihidangkan secara resmi ala hotel. “Sangat senang. Makanya saya ambil perhotelan, supaya kalau tamat bisa langsung kerja,” tandas Ipong. (Ind/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top