Pariwara
Metro Kendari

PNS Diimbau Optimalkan ZIS, 10 OPD Belum Bayar Sama Sekali


Notice: Undefined variable: amazondisplaywidget in /home/kendaripos/public_html/wp-content/plugins/wp-auto-affiliate-links/aal_engine.php on line 503

Plt Gubernur Sultra, HM. Saleh Lasata

KENDARIPOS.CO.ID — Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) yang diterima Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sultra dinilai masih jauh dari angka maksimal. Padahal potensi zakat PNS di Sultra dengan jumlah kurang lebih 9.000 PNS bisa mencapai Rp 6 sampai Rp 10 miliar per tahun. Hanya saja, realisasinya sejauh ini baru sekira Rp 1 miliar. Itu pun atas desakan Gubernur Sultra nonaktif, Nur Alam saat menggelar Sultra Bersedekah bulan suci Ramadan tahun lalu.

Kondisi itu rupanya menjadi keprihatinan bagi Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata. Wakil Gubernur Sultra dua periode itu memimpin langsung rapat evaluasi Baznas Sultra dengan menghadirkan instansi BUMN dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD). “Tolong diperhatikan, ini salah satu kewajiban kita sebagai umat Islam, sebagai Pemda yang harus berpihak pada masyarakat kelas bawah, jadi disetorkan zakatnya ke Baznas,” pinta Saleh Lasata, Selasa (6/2) pagi.

Dia juga mengingatkan agar pengelola zakat, infak dan sekedah benar-benar menjalankan fungsinya dengan baik. Semua zakat yang masuk diharapkan menyentuh sasaran yang membutuhkan. “Yang kelola juga hari-hati karena itu duit umat,” katanya mengingatkan. Sementara itu, Ketua Baznas Sultra Hasby Andi Saing mengamini harapan Saleh Lasata itu. Dia mengaku punya target lebih besar tahun ini. Makanya ia mencoba masuk ke semua lini yang berpotensi zakat itu. “Selain pemerintah kita juga ajak Telkom, supaya zakat yang terkumpul bisa lebih banyak, dan masyarakat yang terbantu juga lebih banyak,” katanya.

Lebih lanjut mantan kepala biro kerjasama dan komunikasi publik Setprov Sultra ini mengatakan kutipan zakat saat ini baru 13,5 persen dari potensi zakat, infak dan sedekah yang ada. Bahkan di lingkup Pemrov Sultra masih ada kurang lebih 10 OPD yang sama sekaki belum pernah membayarkan zakatnya ke Baznas. “Saya tidak bisa sebutkan, cukup yang merasa saja, pa Plt juga tadi tidak menyebutkan, tetapi menekankan supaya tahun ini dibayar,” lanjutnya.

Baznas Sultra sejatinya punya lima program unggulan yang bisa membantu pemerintah dalam menekan angka kemiskinan di daerah. Pertama Sultra Taqwa melalui bantuan ke pesantren. Kedua, Sultra Cerdas melalui bantuan beasiswa. Sultra Peduli, melalui bantuan bencana. Sultra Sejahtera melalui bantuan usaha ekonomi produktif. Terakhir Sultra Sehat yakni bantuan kepada putra putri pegawai negeri yang sakit. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top