Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna

Perpustakaan Muna Minim Fasilitas

LAODE ALFIN/KENDARI POS
La Ode Fadikin dan salah satu pengunjung perpustakaan di Muna yang hingga kini masih minim fasilitas.

KENDARIPOS.CO.ID — Tak mudah mengembangkan budaya literasi pada masyarakat di Muna. Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah mengaku kekurangan banyak fasilitas. Hal itu turut menjadi faktor penurunan angka kunjungan di perpustakaan tersebut. Kepala Badan Pengembangan Perpustakaan, La Ode Fadikin, mengatakan, pada 2017 lalu, hanya ada 1.732 pengunjung dari tahun sebelumnya yang biasa mencapai 2.000 orang. “Januari 2018 sudah 130 orang yang berkunjung. Sebenarnya masih lumayan, hanya memang ada tren penurunan,” jelasnya, Selasa (6/2).

Diakui Fadikin, ruang perpustakaan yang ada saat ini sudah tak representatif. Hanya ada empat meja baca dan sedikitnya delapan kursi yang tersedia bagi pengunjung. Belum lagi ruangannya yang sempit dan tidak nyaman sehingga pengunjung tak betah berlama-lama. “Memang fasilitas bukan faktor tunggal. Internet juga menjadi penyebabnya. Kebanyakan siswa atau pelajar sudah memanfaatkan mesin pencari jika mencari materi pelajaran,” urainya.

Perpustakaan memang kerap masih dipandang sebelah mata oleh pemerintah daerah. Terbukti, sejak Muna terbentuk, belum pernah dibangun gedung perpustakaan yang memadai. Aksi pindah kantor sering dilakukan sebab perpustakaan hanya menumpang di gedung kosong milik Pemkab. “Kami sudah mengusul lagi 2018 ini, hanya belum ditanggapi,” jelasnya. Untuk jumlah buku, perpustakaan daerah sebenarnya punya banyak koleksi. Sedikitnya 20.600 eksamplar dengan berbagai macam referensi. Untuk menjangkau pembaca, pihaknya ingin menggalakkan perpustakaan keliling. “Hanya mobilnya tidak ada. Kami sementara mengusul melalui kementerian,” pungkasnya. (c/ode)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top