Pariwara
Kolaka Timur

Pemakaman Warga Koltim Harus di TPU

H. Tony Herbiansyah

KENDARIPOS.CO.ID — Penataan kawasan di dalam Kota Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) mulai dilakukan. Salah satunya dengan mengatur tempat pemakaman umum (TPU) pada sebuah lokasi yang disediakan pemerintah. Saat ini, sebuah kawasan seluas lima hektare disiapkan di Desa Lara, Kecamatan Tirawuta untuk tempat pemakaman bagi warga Koltim, khususnya umat Islam dan Kristen. Dengan tersedianya tanah pemerintah yang diwakafkan untuk TPU itu, Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah meminta agar masyarakat bisa memanfaatkannya.

“Walaupun daerah kita ini otonomi baru, tapi mulai sejak dini harus ditata sedemikian rupa tempat pemakaman warga Koltim. Jadi jangan lagi ada warga yang melakukan penguburan di sekitar area rumahnya. Kami harap masyarakat bisa memahami dan menaati aturan pemerintah,” pinta Koltim-1 itu, selasa (6/2). Tony juga menginstruksikan agar pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) segera membuat perencanaan gambar dan pembagian wilayah masing-masing pemakaman sehingga lebih terlihat rapi dan tertata baik.

“Selain itu peraturan daerah juga harus ada, sehingga dalam bertugas sudah ada dasar hukumnya. Saya ulangi, penguburan jenazah harus kita tertibkan. Tidak boleh di sekitar rumah warga lagi,” tegasnya. DIkonfirmasi terpisah, Kepala DLH Koltim, Muh. Isa Benhur, berjanji segera menindaklanjuti perintah kepala daerah. “Nanti kita atur, di mana lokasi untuk makam Muslim dan zona mana bagi umat Nasrani. TPU itu memang hanya diperuntukkan bagi dua keyakinan saja. Sedangkan agama lain menyesuaikan di wilayah masing-masing. Perdanya sudah sementara digodok, rambu-rambu juga akan dipasang. Bahkan petugas dalam wilayah TPU segera diadakan. Insya Allah tahun ini bisa segera difungsikan agar pemakaman warga Koltim teratur,” jaminnya. (b/kus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top