Pariwara
Pariwara
Pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Patah Kemudi di Baubau, Kapal Tenggelam di Wakatobi

TKM : Personel Pos SAR Baubau saat menuju tempat kejadian musibah (TKM) kapal yang mengalami patah kemudi. Kapal penumpang KM Ilham Jaya rute Baubau-Kabaena mengalami patah kemudi. Belasan penumpang berhasil ditemukan dan dievakuasi, Selasa (6/2). Foto : SAR KENDARI FOR KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Tak hanya faktor cuaca menjadi penyebab terjadinya musibah atau kecelakaan laut. Faktor teknis juga menjadi penyebab lainnya, seperti yang dialami kapal penumpang KM Ilham Jaya. Kapal yang melayani rute Kabaena-Baubau itu mengalami patah kemudi di perairan Baubau, Selasa (6/2/2018). Di Wakatobi dilaporkan terjadi kecelakaan laut. Kapal yang ditumpangi tiga orang yang berlayar dilaporkan tenggelam.

Humas SAR Kendari, Wahyudi membenarkan adanya kecelakaan laut tersebut. Setelah mendapat laporan, personel rescue Pos SAR Baubau bergegas menuju tempat kejadian musibah (TKM). Tim SAR berhasil menemukan dan mengevakuasi 15 orang, penumpang dan ABK sekira pukul 10.35 wita. Tim Pos SAR Baubau berhasil menemukan KM Ilham Jaya GT 30 di titik koordinat 05 28” 58” S- 122 24’7”E. “Kapal dan penumpang selamat. Selanjutnya evakuasi dilakukan ke Pulau Kadatua,” ujar Wahyudi, Selasa (6/2/2018).

Menurut Wahyudi, dalam melakukan pencarian dan evakuasi, tim SAR Wakatobi dibantu Polair, masyarakat dan tim SAR Kendari. Dengan terjadi kecelakaan laut itu, Wahyudi mengimbau siapa saja yang akan berangkat melaut ataupun berlayar maka harus mempertimbangkan kondisi cuaca. Termasuk melengkapi sarana dan prasarana kapal. Jika cuaca buruk sebaiknya urungkan niat untuk melaut.”Ini semata-mata untuk mencegah terjadinya kecelakaan di laut,” ungkap Wahyudi.

Tiga ABK kapal tenggelam yang mengangkut kayu berhasil ditemukan. Kapolres Wakatobi, AKBP Hadi Winarno SIK bersama Polair dan tim SAR Wakatobi menuju lokasi kejadian di Perairan Sombano Pulau Kaledupa. Korban bernama La Saharu (31) ditemukan sekira pukul 11.00 wita. La Sa’ari (40) dan Kabiludin (27) ditemukan dalam kondisi selamat sekira pukul 14.10 wita. “Kami sampai di lokasi langsung melakukan pencarian. Kami cari di sekitar itu dan berhasil menemukan salah seorang ABK bernama La Saharu,” ujar AKBP Hadi Winarno, kepada Kendari Pos.

Usai mengevakuasi korban, ia meminta timnya untuk menyeret kapal ke tepi pantai di Tanjung Sombano. Sayangnya, pihaknya terpaksa menghentikan pencarian kedua korban lainnya untuk sementara mengingat tinggi gelombang di lokasi capai 1,5 meter saat itu.
“Kondisi korban menurun sehingga kami bawa ke darat untuk dilakukan perawatan medis. Korban menginap di rujab Polres Wakatobi nanti besok (hari ini) di pulangkan,” tambah AKBP Hadi Winarno.

Kapolres lalu memerintahkan Kapolsek Kaledupa dan Kapolsek Kaledupa Selatan melakukan pencarian kedua ABK bersama tim SAR Wakatobi. Setelah melakukan pencarian bersama warga sekitar, anggota Polsek Kaledupa yang dibantu warga berhasil menemukan ABK yang memuat kayu lima kubik itu. La Sa’ari dan Kabiludin ditemukan di pesisir Pantai Sombano sekira pukul 14.10 wita. “Alhamdulillah, dua korban lainnya ditemukan selamat dan langsung dilarikan ke Puskesmas terdekat guna mendapatkan perawatan medis,” jelas Kapolres Wakatobi. Sekedar diketahui, ketiga ABK kapal ini berlayar dari Ereke, Kabupaten Buton Utara menuju pulau Tomia. Namun, belum sampai di tujuan, kapal ini tenggelam di perairan Kaledupa. (ade/thy/c).

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top