Pariwara
Konawe Utara

PAD Konut Diproyeksi Rp 16 M

KENDARIPOS.CO.ID — Pendapatan asli daerah (PAD) Konawe Utara (Konut) pada tahun 2018 ini ditargetkan mencapai Rp 16 miliar. Angka itu lebih tinggi dari sebelumnya yang memproyeksi Rp 12 miliar. Artinya, ada peningkatan kenaikan sebesar Rp 4 miliar. “Tahun lalu target PAD kita sebesar Rp 12 miliar, yang terealiasi sekitar Rp 11 miliar lebih. Nah, itu hampir terealisasi. Makanya PAD tahun ini kembali dinaikkan. Karena pada saat perhitungan, DPRD melihat masih banyak potensi PAD yang perlu ditingkatkan untuk bisa mencapai target itu,” ujar Kepala BPKAD Konut, Marthen Minggu, selasa (6/2).

Mantan Kepala Inspektorat Konut itu menambahkan, miliaran rupiah PAD yang menjadi target Pemkab untuk dikumpulkan selama satu tahun anggaran berjalan, berasal dari beberapa SKPD. Seperti Badan Perizinan, Dishub, Dinas Pariwisata, Dinas PU, BPKAD maupun beberapa satuan kerja lainnya. “Target itu sebenarnya ada kajian tersendiri. Seperti bila ada temuan BPK yang harus dikembalikan dari sebuah proyek atau perjalanan dinas hasil audit. Itu bisa ditagih, belum lagi sumber-sumber PAD lainnya. Maka target Rp 16 miliar dapat dicapai jika dioptimalkan,” yakin Marthen Minggu.

Penerimaan-penerimaan PAD seperti dari Dinas Perhubungan melalui pajak tambat labuh, retribusi masuk pariwisata, retribusi tambang golongan C, perizinan seperti pajak rumah makan, kios, maupun tempat usaha lainnya akan semakin dimaksimalkan. “Banyak sumber-sumber PAD bisa ditarik retribusi. Makanya dengan angka Rp 16 miliar bisa kita raih. Namun dari angka Rp 16 miliar iti nantinya bisa dievaluasi kembali jika tak tercapai. Evaluasi itu akan dilakukan pada APBD Perubahan. Begitupun bila target PAD bisa dicapai, maka itu juga bisa dinaikan,”ujarnya. (b/min)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top