Pariwara
Kesehatan

Ciri-ciri Batu Ginjal dan Cara Menghindarinya

KENDARIPOS.CO.ID — Berdasarkan data studi negara-negara di eropa barat, 1 dari 10 orang, pada suatu titik dalam hidup mereka akan berurusan dengan batu ginjal. Masalah kesehatan ini biasanya terjadi pada mereka berusia antara 30 -45 tahun. Penyakit yang lebih sering terjadi pada pria ini sendiri adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh pembentukan kristal yang terjadi pada ginjal manusia. Selain di ginjal, kristal-krisal ini juga dapat ditemukan pada uretra dan kandung kemih.

Gejala yang muncul akibat batu ginjal adalah seperti:

1. Lengan dan kaki anda mulai melemah.

Jika Anda merasakan lemah atau mati rasa pada bagian lengan, kaki atau wajah, itu bisa jadi merupakan gejala dari stroke, terlebih ketika rasa tersebut hanya muncul pada satu sisi dari tubuh Anda. Gejala lainnya adalah ketika Anda tidak mampu menjaga keseimbangan badan, merasa pusing dan kesulitan dalam berjalan. Segera periksa kesehatan Anda apa bila Anda tidak dapat melihat secara baik, sakit kepala hebat, kebingungan ata kesulitan dalam berbicara atau mengerti apa yang diucapkan orang lain.

2. Sakit di dada

Jika Anda merasakan sakit pada bagian dada, jangan dianggap remeh. Menurut Shilpi Agarwal, MD dari One Medical Group di Washington, DC, sakit pada bagian dada, khususnya jika dibarengi dengan keringat, sesak, sulit bernafas atau mual, harus sesegera mungkin mendapatkan perawatan profesional. Sakit pada dada atau sesak bisa menjadi tanda-tanda dari penyakin jantung atau serangan jantung, terlebih disaat Anda merasakan rasa sakit tersebut ketika dalam beraktifitas.

3. Darah dalam urine

Ketika Anda menemukan bahwa ada darah dalam urine Anda dan juga merasa rasa sakit pada bagian belakang atau samping tubuh Anda, ada kemungkinan Anda terkena batu ginjal. Batu ginjal adalah kristal kecil terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk dalam ginjal dan menglir melalui saluran dimana urine Anda mengalir. Kebanyakan batu ginjal keluar dari tubuh ketika anda buang air kecil. Namun jika parah, Anda memerlukan bantuan dokter untuk dapat mengangkatnya. Bagi Anda yang menemukan adanya darah dalam urine namun tidak merasakan sakit apa pun, bisa saja Anda terkena kanker ginjal atau kandung kemih. Segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

4. Nafas anda berbunyi
Jika nafas Anda berbunyi seperti suara siulan, bisa menandakan asma, gangguan paru-paru, alergi atau akibat menghirup zat kimia. Penyebab lainnya, jika Anda batuk dengan dahak berwarna kuning atau hijau, disertai dengan demam atau nafas yang berat, itu bisa menjadi pertanda bronkirit yang semakin parah dan berujung dengan pneumonia. Jangan buang-buang waktu Anda lagi dan segera periksakan ke dokter.

Cara menghindari resiko batu ginjal

Untuk mencegah hal ini sampai terjadi, Anda mungkin ingin mencoba resep alami yang satu ini:

Bahan:

1 buah jeruk limun organik (dengan kulitnya)
1 ikat akar peterseli
1 cangkir minyak zaitun
1 cangkir sirup mapel
1 cangkir madu

Cara membuat:

Potong lemon dan akar peterseli kemudian blender. Ditengah prosen blending, tambahkan madu, minyak zaitun. Tuang hasil blending anda ke dalam toples dan simpan dalam kulkas.

Cara mengkonsumsi:

Minum 1 sendok makan sirup anda ini dalam keadaan perut kosong setiap pagi dan malam hari. Di siang harinya, minumlah banyak air.

Sumber: HealthyFoodandHomeRemedies.com

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top