Pariwara
Politik

60 Persen Progres Coklit Calon Pemilih di Koltim

Komisoner KPU Koltim, Asri Alam Andi Baso

KENDARIPOS.CO.ID — KPU Kolaka Timur (Koltim) terus mengantisipasi potensi adanya pemilih ganda. Proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data calon pemilih oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) masih berjalan. Langkah itu untuk memastikan tak adanya pemilih ganda. Merujuk hasil monitoring KPU Koltim, progres coklit kini mencapai tren 60 persen. Padahal proses itu baru berjalan 10 dari rencana 30 hari.

Divisi Program dan Data KPU Koltim, Asri Alam Andi Baso mengatakan proses pencocokan dan penelitian data pemilih di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) berjalan lancar. Progesnya cukup lumayan. selama 30 hari. “Insya Allah monitoring tahap dua kita turun tanggal 9 Februari. Monitoring coklit tahap tiga pada 18 Februari ini. Progres secara umum saat ini sudah mencapai 60 persen secara keseluruhan. Bahkan ada TPS sudah 100 persen dilakukan coklit,” ujar Asri Alam Andi Baso, Selasa (6/2).

Asri Alam menambahkan hasil pleno PPDP tingkat desa, kecamatan akan diplenok di tingkat KPU Koltim untuk ditetapkan menjadi daftar pemilih sementara (DPS) sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT). Dia menambahkan, PPDP merupakan ujung tombak keakuratan data calon pemilih. Coklit sangat penting dilakukan untuk keakuratan data karena adanya perubahan data kependudukan. Misalnya, ada warga yang pindah domisili. Selain itu untuk mendeteksi calon pemilih yang meninggal dunia dan pemilih ganda. “Mudah-mudahan proses Coklit ini berjalan lancar sehingga data pemilih valid dan akurat serta berkualitas,” tutupnya. (kus/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top