Pariwara
Kolaka Utara

11 Aset Kementerian di TPA Totallang Kolut

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Sejumlah aset pemerintah pusat yang dialokasikan di TPA Totallang, Kolut dan diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup.

KENDARIPOS.CO.ID — Tercatat ada 11 aset pemerintah pusat yang dialokasikan di Kolaka Utara (Kolut) sejak tahun 2012 lalu, khususnya dibawah kendali Dinas Lingkungan Hidup (DLH). 11 aset itu secara resmi diserahterimakan akhir 2017 lalu. Sekertaris DLH Kolut, Muh. Asdar saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/2) merinci daftar aset yang diterima tersebut. Mulai dari satu unit berupa detail engineering design (DED) tempat pembuangan akhir (TPA) tahun 2012 di Totallang, pembangunan TPA dan supervisi di tahun yang sama. Selain itu ada lima unit pada 2015 antara lain optimalisasi TPA, juga supervisi, buldozer dan mobilisasi alat berat serta exavator.

Selanjutnya masih dioptimalisasi berupa bantuan jembatan dan kelengkapan lainnya di tahun 2017 yang sudah tersedia di TPA Totallang yang segera difungsikan. Tahun yang sama, masih ada supervisi TPA. “Supervisi itu sudah masuk semua di dalamnya seperti jalan, bangunan, bak dan zona lainnya yang ada di dalam TPA secara umum dan diadakan perlahan dan diserahterimahkan sekaligus,” ujar Asdar, selasa (6/2). 11 aset tersebut merupakan usulan Pemkab Kolut melalui Bappeda dan diteruskan ke pemerintah pusat.

Soal tumpukan sampah hasil produksi rumah tangga masyarakat Kolut khususnya wilayah ibu kota kabupaten, Asdar menjelaskan, masih menggunakan perhitungan secara kasar volume per harinya sebelum jembatan timbang TPA dioperasikan. Jumlah truk armada pengangkut saat ini dimiliki enam unit. Dari enam unit tersebut pada hari normal terkadang hanya tiga armada yang melakukan pembongkaran dengan volume 12 kubik. Maka jika seluruh armada melakukan pengangkutan, dapat berkisar 24 kubik. “Tapi rata-rata sampah banyak di awal pekan (Senin). Semakin memadainya TPA tersebut kami optimis untuk meraih Adipura lagi,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top