Space Iklan
Pariwara
Muna

Universitas Wuna di Muna Segera Direalisasikan

LAODE ALFIN/KENDARI POS
Pemkab Muna menggagas pembentukan sebuah universitas di daerah itu dengan menggabungkan beberapa sekolah tinggi dan akademi yang ada. Salah satunya STIP Wuna.

KENDARIPOS.CO.ID — Harapan masyarakat untuk segera memiliki Universitas di Kabupaten Muna belum juga terealisasi. Sampai saat ini, Pemkab masih terus berupaya mendapat izin berdirinya universitas dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Rencananya, universitas tersebut merupakan gabungan sekolah tinggi di Muna, antara lain Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Wuna.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Muna, La Mahi, menyebutkan, Kemenristek Dikti sudah menyetujui sebelas program studi yang akan dibuka nantinya. Namun, jumlah itu masih akan ditambah mengingat permintaan dunia pendidikan pada beberapa jurusan masih tinggi. “Kami usul 17 jurusan, hanya baru sebelas yang disetujui. Enamnya masih akan kami ganti dengan jurusan lain yang diminati mahasiswa,” jelasnya, Senin (5/2).

11 jurusan yang disetujui itu antara lain program studi di Akademi Keperawatan, jurusan di STIP Wuna dan kebidanan. Sementara enam jurusan yang ditolak diantaranya Ilmu Hukum dan Geologi. “Saya tidak hafal semua. Hanya penjelasannya ditolak karena memang masih moratorium. Rencananya kami ganti dengan jurusan Ilmu Tanah, Kesehatan Masyarakat dan PAUD,” jelasnya.

Dokumen enam jurusan tambahan tersebut saat ini tengah dirampungkan untuk kembali diajukan. Meski demikian, La Mahi mengatakan, dengan 11 jurusan pun Universitas tetap dapat berdiri. “Hanya kami maunya 17 jurusan. Supaya sekalian pengurusannya,” sambungnya. Untuk lahan, Pemkab sudah menghibahkan empat hektare di area STIP Wuna saat ini.

Rencananya, bangunan kampus untuk sementara akan menggunakan ruang kelas sekolah tinggi itu. Tahun ini, Pemkab baru akan membangun asrama mahasiswa. “Kalau dosennya, pasti pengajar dari sekolah tinggi saat ini. Pihak yayasan dari masing-masing sekolah juga sedang memberikan beasiswa bagi dosen. Kami juga pasti akan mencari pengajar berkualitas,” jabarnya. Untuk nama kampus, kata La Mahi, Pemkab belum menyiapkan secara khusus. Hanya saja, kemungkinan besar akan menggunakan nama Universitas Wuna. “Nanti dikemudian hari akan diganti, masih akan dibahas,” pungkasnya. (c/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top