Pariwara
Konawe

Tak Ada Tambahan Kuota Guru Honorer di Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah guru honorer di Konawe masih harus menunggu nasib baik untuk mendapat upah dari pemerintah kabupaten (Pemkab). Tahun ini, tak ada tambahan kuota untuk guru honor daerah (Honda). Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jumrin Pagala, mengaku sangat menyesalkan keputusan tersebut, namun ia tak mampu berbuat banyak. Sebab keuangan daerah juga belum mampu membiayai semua guru pengabdi di daerah lumbung beras tersebut. “Ada atau tidaknya tambahan kuota, sangat bergantung pada pemasukan dari pendapatan asli daerah (PAD) dan APBD. Kalau itu minim, maka kita tidak bisa apa-apa,” ujarnya, Senin (5/2).

Seperti tahun sebelumnya, jumlah guru Honda ada 750 orang, dan mereka menerima honor dari APBD sebesar Rp 750 ribu per triwulan. Padahal, Jumrin berencana untuk menambah kuota supaya bisa menyejahterakan guru, dan menampung pengajar PAUD di Konawe yang tidak bisa mendapatkan honor dari pemerintah pusat, sebab mayoritas hanya berijazah SMA atau sederajat.

“Masih ada lebih dari 1.500 guru tidak tetap di Konawe, namun keuangan daerah terbatas, sehingga kami tak bisa langsung mengakomodir keseluruhan pada waktu bersamaan. Kita ingin semua bisa masuk, tapi juga tidak bisa memaksakan keuangan daerah. Jadi, hanya bisa bersabar sampai keuangan daerah membaik untuk membiayai semua guru honor daerah,” pungkasnya. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top