Space Iklan
Pariwara
Metro Kendari

Ribuan Hektare Perkebunan dan Hortikultura di Sultra Diremajakan

Kepala Dinas Perkebunan dan Holtikultura Sultra, Yesna Suarni saat membuka rapat koordinasi dengan kepala dinas yang membidangi perkebunan dan hortikultura se-Sultra untuk membahas pembangunan perkebunan dan hortikultura berkelanjutan oleh Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sultra, Senin (5/2/2018). Ia didampingi oleh Sekretaris Kepala Dinas Perkebunan dan Holtikultura Sultra, Ir. Syamsunar Sekretaris. Foto : Marwan Abidin/ Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun anggaran 2018 ini, Dinas Perkebunan dan Hortikultura (Disbunhorti) Sultra dalam kendali Yesna Suarni punya target besar. Ribuan hektare perkebunan dan hortikultura bakal diremajakan. Selain itu, ada pula kegiatan pengembangan dan perluasan areal tanaman. Termasuk pengembangan pasca panen. Jumlahnya mencapai ribuan hektare.

Target itu terungkap dalam rapat koordinasi para kepala dinas se-Sultra yang dipimpin Kepala Disbunhorti Sultra, Yesna Suarni di Swiss BelHotel, Senin (5/2). Rakor tersebut membahas pembangunan perkebunan dan hortikultura berkelanjutan.

Yesna Suarni mengatakan kegiatan tersebut sebagai langkah koordinasi awal pelaksanaan program 2018 dalam bidang perkebunan dan holtikultura se-Sultra. Apalagi banyak kegiatan yang akan dilakukan sesuai jadwal tahun 2018 ini. Sehingga perlu ada pemaparan petunjuk teknis dan pelaksanaannya.

Kinerja aparatur Disbunhorti se-Sultra pada 2017 lalu diapresiasi Yesna Suarni. Karena pencapaian yang begitu tinggi. Contohnya, kegiatan untuk fisik sebesar 98 persen. Nah, pada tahun anggaran 2018 ini, pembiayaan yang dialokasikan begitu tinggi dari tahun sebelumnya maka dibutuhkan sinergi, kerja keras dan dukungan dari jajaran di kabupaten dan kota di Sultra. “APBD dan APBN 2018 untuk bidang perkebunan dan hortikultura ini sangat besar. Sehingga semangat dan kerja keras kita harus lebih besar lagi untuk menyukseskan target pada tahun 2018 ini,” ujar kepala dinas bergelar doktor tersebut saat membuka acara rakor, kemarin.

Yesna Suarni menyebutkan sekira 17 item kegiatan yang akan dilakukan tahun 2018 ini, khususnya bidang perkebunan dan hortikultura, mulai peremajaan, pengembangan, penerapan tebu varietas adaptif, perluasan tanaman, rehabilitasi cengkih, pengembangan pasca panen kakao hingga fasilitasi pengolahan hasil coklat, (lihat grafis).

Selain itu, ada pula penentuan calon petani dan calon lahan (CPCL). Kemudian, membentuk tim pembinaan kepada petani dengan melibatkan dinas terkait di kabupaten dan kota. Selanjutnya, UPTD dimasing-masing daerah akan menjadi pusat pembibitan di lapangan. “Sehingga ditahun 2018 ini target kita peningkatan produksi dan peremajaan dan pengembangan perkebunan dan holtikultura dapat tercapai maksimal,” tutupnya. (wan/b)

Target Disbunhorti Provinsi Sultra Tahun 2018

– Peremajaan kakao 3.380 Ha
– Peremajaan jambu mete 2.980 Ha
– Peremajaan kelapa 2.790 Ha
– Pengembangan nilam 35 Ha
– Penerapan tebu varietas adaptif 1 Ha
– Perluasan tanaman lada 350 Ha
– Rehabilitasi cengkih 500 Ha
– Perluasan tanaman cengkih 380 Ha
– Pengembangan cabai 315 Ha
– Pengembangan bawang merah 75 Ha
– Pengembangan jeruk 40 Ha
– Irigasi perpompaan 4 unit
– Pengembangan pasca panen hortikultura 2 paket
– Pengembangan pasca panen kakao 3 paket
– Pengembangan pasca panen cengkih 1 paket
– Fasilitasi pengolahan hasil coklat 1 paket
– Benih pala 45.000 pohon

Sumber : Rakor Disbunhorti Prov. Sultra

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top