Pariwara
Bombana

Rapor Merah untuk Layanan Publik di Bombana

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana harus berbenah dalam pelayanan pada publik. Senin (5/2), Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sultra memberikan rapor merah karena menganggap Pemkab Bombana belum maksimal dalam memberikan pelayanan pada masyarakat selama ini. Penyerahan penilaian tersebut disampaikan kepada Asisten I Setkab Bombana, Mahyuddin, di hadapan 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sebelumnya, ORI menyebut ada 12 OPD yang bertugas memberikan pelayanan publik namun tidak maksimal.

“Disdukcapil masuk zona kuning atau sedang, Dinkes zona merah atau sangat rendah, DLHK juga zona merah, Dispora merah, PU merah, DPM-PTSP zona kuning, Dikbud zona merah, Perindakop zona merah, Dishub juga merah, Dinas Pertanian merah, Dinsos merah dan Disnakertrans juga mendapatkan merah,” rinci Plt Ketua ORI Perwakilan Sultra, Ahmad Rustan, senin (5/2). Jika nilai itu diakumulasi, maka Pemkab Bombana dalam penilaian pelayanan publik itu mendapatkan rapor merah. Akademisi Universitas Muhammadiyah Kendari itu menjelaskan, contoh kurangnya pelayanan publik di Bombana adalah DPM-PTSP dan Disdukcapil. ” DPM-PTSP pelayanannya sangat tidak maksimal. Bisa dilihat saja dari bangunannya sangat tidak layak sementara DPM-PTSP adalah pemasok PAD terbanyak. Sedangkan untuk Capil, pelayanannya juga demikian dari pantauan kami di lapangan. Kita tidak bisa membedakan mana petugas dan warga pemohon karena sama-sama berdiri. Sebab kursi di ruang tunggunya hanya empat saja,” jelasnya.

Penilaian tersebut dilakukan sejak Mei sampai Juli 2017 lalu. “Kategori hijau itu nilainya 100-81, untuk zona kuning 80-51 dan merah 51-0. Dari penilian kami dirata-ratakan dari seluruh OPD di Bombana mendapatkan 35,97 poin. Harapan kami ke depan bisa lebih baik lagi bila kembali melakukan penilaian,” harapnya.

Sementara itu Asisten I Setkab Bombana, Mahyuddin, berharap seluruh OPD yang masuk dalam penilaian ORI, dapat bekerja ekstra untuk memberikan pelayanan lebih baik lagi. “Kami akan melakukan koordinasi dengan ORI untuk meningkatkan pelayanan publik sehingga mendapatkan penilaian lebih baik lagi. Ini menjadi cambuk buat kita semua, agar terus bekerja untuk tidak masuk dalam zona merah lagi. Tentunya ini semua tugas kita karena ini semua untuk kepentingan daerah dan seluruh masyarakat,” paparnya. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top