Pariwara
Politik

KPU Kendari Rampungkan Verifikasi Parpol

Ade Suerani

KENDARIPOS.CO.ID — Tahap verifikasi kepengurusan partai politik (Parpol) di Kendari telah memasuki tahap akhir. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari telah merampungkan tahapan verifikasi faktual. Termasuk kepengurusan Parpol peserta Pemilu 2014 lalu sebagaimana putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 99 tahun 2018. Saat ini, penyelenggara tinggal melakukan rapat pleno yang akan digelar tanggal 8 Februari 2018.

Ketua KPU Kota Kendari, Ade Suerani mengatakan proses verifikasi Parpol menjadi perhatian serius penyelenggara. Makanya, pihaknya langsung merespon putusan MK. KPU menindaklanjuti dengan mengerahkan tim ke masing-masing Parpol. Dimulai vertul ke parpol NasDem, PAN, Golkar, Demokrat, PDIP, PKS, proses verifikasi ini bisa dirampungkan. Setelah Gerindra, Hanura, PPP, PBB, PKB, PSI, Perindo, PKPI, Berkarya, dan Garuda juga telah diverifikasi faktual.

“Setelah turun melakukan pendataan beberapa hari ini, akhirnya proses verifikasi faktual Parpol bisa dituntaskan,” kata Ade Suerani, Ketua KPU Kota Kendari saat ditemui senin (5/2).

Dalam melakukan verifikasi kata Ade Suerani, penyelenggara turut menggandeng Panwas. Pada intinya, KPU ingin memastikan proses validasi data kepengurusan Parpol sudah sesuai ketentuan. Makanya, petugas verifikator sangat teliti mempelototi data kepengurusan dan keanggotaan Parpol.

“Tanggal 8 ini (Februari) kami akan rapat pleno terbuka hasil verifikasi itu, MS atau TMS. Jadi tunggu momen itu saja, untuk resminya. Karena baru bisa untuk khalayak saat rapat pleno terbuka itu,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengaku telah merampungkan verifikasi faktual di tingkat provinsi. Saat ini, tahapannya sudah masuk perbaikan. Ia berharap kekurangan yang sempat belum terpenuhi segera dilengkapi. Pada tanggal 9-10 Februari, pihaknya akan mengumumkan hasil perbaikan di tingkat kabupaten/kota. Setelah itu, KPU akan menyampaikan hasil verifikasi faktual tingkat provinsi 11-12 februari.

“Untuk rekapitulasi tingkat nasional itu 15-17 Februari 2018. Sementara pengumuman lolos sebagai peserta pemilu 2019 itu nanti pada 17 Februari 2018,” tandasnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top