Pariwara
Politik

Kepengurusan PSI Koltim Penuhi Syarat

Adly Yusuf Saepi

KENDARIPOS.CPO.ID — Satu lagi partai pendatang baru yang siap bersaing meraup pundi-pundi suara masyarakat Kolaka Timur (Koltim) pada Pemilu 2019 mendatang. Berdasarkan hasil verifikasi administrasi, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Koltim menyatakan kepengurusan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah memenuhi persyaratan.

Ini artinya, PSI mengikuti jejak Partai Perindo Koltim yang terlebih dahulu dinyatakan lolos. Sementara Partai Garuda dan Berkarya dipastikan tidak dilakukan verifikasi lagi. Pasalnya, kedua Parpol ini tak menyerahkan berkas Parpol hingga tenggang waktu pendaftaran berakhir.

Komisioner KPUD Koltim, Adly Yusuf Saepi mengatakan telah memverifikasi kepengurusan PSI Koltim mulai tanggal 31 Januari lalu. Pada tanggal 1 Februari, KPU menindaklanjuti dengan mendatangani kantor sekretariat PSI. Dari hasil verifikasi, PSI telah penuhi syarat keanggotaan, kepengurusan, domisili kantor dan keterwakilan perempuan menjadi peserta pemilu 2019 mendatang.

“Kami sudah serahkan hasil Pleno KPU kepada penghubug partai (LO). PSI sudah memenuhi syarat menjadi peserta Pemilu 2019. Saat melakukan verifikasi dan rapat pleno, kami juga mengundang Panwaslu Koltim untuk menyaksikan dalam penyerahan berkas hasil perbaikan PSI” ujar Adly saat ditemui, Senin (5/2).

Dijelaskan, ada empat Parpol pendatang baru yang diverifikasi. Khusus untuk Perindo, sudah tidak diverifikasi lagi karena partai ini telah memenuhi syarat lebih awal. Saat ini, Perindo telah masuk tahap perbaikan. Untuk kepengurusan partai Garuda dan partai Berkarya tidak diverifikasi lantaran tidak melakukan proses pendaftaran pada penyerahan berkas pendaftaran Parpol tanggal 3-16 Oktober 2017 lalu.

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Koltim menambahkan mulai hari ini komisioner kembali akan turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi faktual hasil perbaikan terhadap lima partai. Kelima Parpol tersebut yakni PPP, PAN, PDIP, Golkar dan Hanura.

“Tinggal satu hari saja, kami melakukan verifikasi faktual di lapangan. Kami harap pimpinan partai bersiap-siap menyiapkan hasil perbaikan berdasarkan yang disetorkan di KPU Koltim. Saya berharap besok lima partai bisa memenuhi syarat semuanya” pungkas Adly Yusuf Saepi. (b/kus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top