Pariwara
Metro Kendari

Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Pemkot Kendari Anggarkan Rp 300 Miliar

Jalur ring road yang rencana diaspal tahun ini.

KENDARIPOS.CO.ID — Mengikuti jejak pendahulunya, Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra menempatkan sektor infrastruktur sebagai program paling prioritas dalam pembangunan setiap tahunnya. Wali kota muda itu mengalokasikan anggaran Rp 300 miliar untuk urusan jalan dan jembatan di metro ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari, Mahmud Buburanda mengatakan salah satu program prioritas Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra adalah memantapkan seluruh kondisi jalan di Kota Kendari. Tujuannya agar akses masyarakat terus membaik dan lancar. Olehnya itu, program-program multiyear peninggalan wali kota sebelumnya, Ir. Asrun tetap dilanjutkan. Tahun ini, ada sekira enam ruas jalan yang diprogramkan Pemkot Kendari. “Kita tetap melanjutkan auto ringroad. Ada dua paket pengaspalan di sana. Kemudian Jalan Syech Yusuf dan Jalan Malik kita tingkatkan. Lebih detailnya ada di bidang Bina Marga,” ujar Mahmud Buburanda di ruang kerjanya, Senin (5/2).

Selain jalan, Pemkot juga menyiapkan pembangunan box culvert atau gorong-gorong disejumlah titik. Ada di kawasan Puuwatu tepatnya BTN Graha Asri, ada juga di Nanga-nanga dan lokasi lainnya. Tahun ini lebih dari lima titik. Menurut Mahmud, untuk kualitas box culvert lebih baik sehingga PU memilih tak membangun jembatan. “Kalau box culvert tahan lama, seperti di Graha Asri itu kan sebelumnya jembatan tapi tergerus debit air akhirnya jatuh. Nah kalau box culvert itu akan lebih bagus, karena konstruksinya lebih kuat,” jelas Mahmud Buburanda.

Lebih lanjut mantan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Konawe Selatan (Konsel) ini mengatakan saat ini enam ruas jalan dan paket box culvert dimaksud masih dalam tahap perencanaan. Diprediksi Maret dan April baru akan masuk tahap tender. Selanjutnya Mei bisa dikerjakan. “Yang pasti kita sesuaikan dengan target dan perencanaan,” pungkasnya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top