Pariwara
Politik

Coklit Data Pemilih Telah Mencapai 60 Persen, Masih Banyak Pemilih Tak Miliki KTP-el

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.OID — Tahap pemutakhiran data pemilih telah memasuki hari ke-15. Hingga kini, daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang telah dilakukan pencoklitan dan penelitian (Coklit) telah mencapai 60 persen. Dengan waktu yang tersisa kurang dari 10 hari, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe optimis sinkronisasi data pemilih yang dilakukan petugas pemukrahiran data pemilih (PPDP) bisa dirampungkan tanggal 18 Februari 2018.

Komisioner KPUD Konawe, Muhammad Azwar mengatakan hasil pantaun memasuki persepuluh hari pen-Coklit-an telah mencapai 60 persen dari total daftar pemilih Konawe sebanyak 166.764 jiwa. Dalam proses pemutakhiran data pemilih yang dimulai tanggal 20 Januari s.d 18 Februari mendatang, penyelenggara mengerahkan 610 PPDP yang tersebar di 329 desa/kelurahan di Kolaka. Selain PPDP, pihaknya juga turut melibatkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

“Alhamdulillah, sudah lebih separuh laporan yang masuk. Namun kemungkinan angkanya telah bertambah. Pasalnya, data yang masuk terus bertambah. Bahkan di beberapa kecamatan ada yang hampir mencapai 100 persen. Jadi secara umum, tahap Coklit bisa dilaksanakan sesuai jadwal,” beber koordinator Divisi Program dan Data Pemilih KPUD Konawe saat ditemui, Senin (5/2).

Saat pendataan lanjut Azwar, PPDP masih menjumpai pemilih yang tidak memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Pemilih seperti ini hampir ditemukan di setiap wilayah. Bagi pemilih yang tidak memiliki KTP-el namun secara defacto bermukim dalam wilayah desa atau kelurahan akan dikoordinasikan dengan Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Konawe. KPUD ingin memastikan apakah mereka ini merupakan warga Konawe atau bukan.

“Ya, petugas kami telah mengarahkan wajib pilih untuk melakukan perekaman E-KTP. Sementara ini kami rekap dulu data pemilih ini untuk dilaporkan ke Disdukcapil setempat. Jika sudah memenuhi syarat, kami akan masukan dalam DP4,” tutupnya. (b/hel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top