Space Iklan
Pariwara
Hukum & Kriminal

Status Tersangka, Buron, Oknum Kades di Wakatobi Tak Dinonaktifkan

Kasi Intel Kejari Wakatobi, Rudy, SH

KENDARIPOS.CO.ID — Menyandang status tersangka dugaan penyelewengan anggaran, oknum mantan Kades Mola Bahari, Maman Irawan belum diberhentikan secara resmi oleh Pemkab Wakatobi. Alasannya, pemerintah setempat masih menunggu kepastian hukum. Namun, pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Wakatobi menilai seharusnya tersangka diberhentikan secara resmi.

Hal itu diungkapkan Kepalas Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Wakatobi, Rudy, SH seharusnya Maman sudah dinonaktifkan secara resmi oleh pemerintah. Apalagi, oknum Kades yang terjerat penyelewengan anggaran dan diduga merugikan negara hingga ratusan juta rupiah itu telah ditetapkan sebagai tersangka sejak bulan September tahun 2016. Bahkan, pasca menyandang status tersangka, MI tidak kooperatif dan justru melarikan diri. “MI jadi buron Kejari Wakatobi sudah setahun lebih. Berarti yang bersangkutan sudah tidak menjalankan tugasnya lagi di pemerintahan. Harusnya Pemda ambil langkah tegas. Nonaktifkan secara resmi karena sudah melanggar aturan,” ujar Rudy, SH kepada Kendari Pos, Minggu (4/2).

Rudy mengaku telah berkoordinasi dengan Pemda Wakatobi terkait hal itu. Ia menilai, Maman Irawan telah pantas di nonaktifkan secara resmi. Pria yang bertugas di Wakatobi sejak tahun 2017 ini menjelaskan, meski Maman Irawan bukan aparatur sipil negara (ASN), namun ada PP Nomor 47 Tahun 2015 tentang perubahan atas PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 tentang Desa.

“Saya sudah rekomendasikan hal ini ke Pemda. Apalagi aturan PP Nomor 47 Tahun 2015 ini jelas mengatakan bahwa kalau kepala desa maupun aparat tidak menjalankan tugas berarti harus diberhentikan. Harus ada tindakan tegas. Makanya, saya juga heran kok yang bersangkutan sampai sekarang belum diberhentikan secara resmi,” tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Wakatobi, H Arhawi mengungkapkan pada dasarnya Maman Irawan sudah dinonaktifkan meski belum secara resmi. Selain itu, roda pemerintahan desa tetap berjalan dan posisi kades saat ini diisi oleh pelaksana tugas yang merupakan Sekretaris Camat Wangi-Wangi Selatan. (thy/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top