Pariwara
Politik

Kinerja PPK dan PPS Bakal Dievaluasi

Darwis

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak hanya pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka Timur (Koltim) juga konsen melaksanakan tahapan Pemilu 2019. Saat ini, pihak penyelenggara tengah mempersiapkan perekrutan anggota badan adhoc KPU Pemilu 2019. Pasalnya, masa tugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) saat ini hanya sampai Pilgub Sultra.

Ketua KPUD Koltim, Darwis mengatakan struktur PPK dan PPS di Pemilu 2019 berbeda dengan Pilkada serentak tahun 2018. Bila saat ini, petugas PPK dan PPS di masing-masing kecamatan atau desa/kelurahan berjumlah lima orang. Pada Pemilu 2019 hanya tiga orang. Makanya, dalam seleksi PPK dan PPS ada dua mekanisme yang ditawarkan regulasi. Pertama melalui seleksi pendaftaran secara terbuka dan kedua melakukan evaluasi terhadap anggota badan ad hoc saat ini.

“Untuk KPUD Koltim, kemungkinan kita akan menggunakan mekanisme evaluasi hasil kinerja. Untuk itulah, dalam waktu dekat kami akan melakukan penilaian sesuai yang menjadi standar KPU RI. Saat ini,kami (KPU Koltim) tinggal menunggu regulasi resmi saja dari pusat diadakan evaluasi” kata Darwis saat dikonfirmasi Kendari Pos, Minggu (4/2).

Secara persyaratan, personil PPK dan PPS yang sudah ada saat ini adalah berkompeten untuk direkrut kembali sebagai pelaksana Pemilu. Sesuai rencana, pertengahan bulan Februari 2018 ini sudah bisa dilakukan evaluasi. Nantinya, KPUD Koltim akan melakukan evaluasi di 12 kecamatan dan 133 desa dan kelurahan di Koltim

“Insya Allah mereka masih mampu dan bisa menjalankan Pilgub, Pilpres dan Pilcaleg. Kami juga akan evaluasi sesuai dengan kinerjanya masing-masing yang ditunjukan sebenarnya di lapangan. Pada saat evaluasi tidak ada kepentingan kelompok maupun individu itu murni sesuai standar KPU RI. ” ujarnya. (b/kus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top