Pariwara
Metro Kendari

Kadis Dikmudora Kendari : Anak Putus Sekolah Didominasi Faktor Ekonomi

Sartini Sarita

KENDARIPOS.;CO.ID — Setiap anak memiliki cita-cita yang besar. Hanya saja, kesempatan mereka untuk mewujudkannya jelas berbeda-beda. Ada yang terlahir dalam keluarga yang mampu, ada pula yang untuk biaya hidup pun susah, apalagi untuk pendidikan. Masalah ekonomi itu mendominasi alasan anak sehingga harus putus sekolah. Fenomena itu juga terjadi di Kota Kendari.

Itu dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Sartini Sarita. Dia mengungkapkan, angka putus sekolah memang sulit dihindari. Selain karena faktor ekonomi, lingkungan sosial juga turut mempengaruhi. “Ke sekolah itu biasanya butuh sewa karena jaraknya agak jauh dari rumah, orang tuanya tidak mampu maka putulah sekolah. Kadang juga si anak yang tidak serius karena kondisi sosialnya,” ujar Sartini Sarita, Minggu (4/2).

Pemerintah kata dia tidak hanya tinggal diam dengan kondisi itu. Sudah banyak upaya nyata yang dilakukan untuk membangkitkan kembali semangat belajar siswa ekonomi lemah. “Sebenarnya tidak semua anak-anak di sini yang putus sekolah. Ada juga yang datang dari desa, tapi tidak bawa surat pindah, ada seperti itu, orang tuanya juga tidak serius mengurus akhirnya dibiarkan lama, si anak jadi hilang semangat,” terangnya.

Padahal lanjut Sartini, Pemkot sudah menyiapkan beasiswa miskin. Ada juga dari Baznas Kendari yang membantu. Tetapi tetap saja ada anak yang putus sekolah. “Sekali lagi karena ekonomi paling banyak. Karena dan bos sekolah tidak menanggung biaya personal siswa misalnya tranport, pakaian dan lain-lain,” ungkapnya. Bukan hanya angka putus sekolah, di Kendari juga masih ditemukan buta aksara. Itu umumnya ditemukan daerah pelosok seperti Kelurahan Tobimeita. “Tapi mereka sebagian besar orang tua, saya juga belum bisa sebut jumlahnya karena saya tidak bawa datanya,” tutupnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top