Pariwara
Metro Kendari

Hado Hasina : Presiden Bakal Resmikan Sejumlah Pelabuhan di Sultra

Hado Hasina

KENDARIPOS.CO.ID — Presiden Joko Widodo diagendakan berkunjung di Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam waktu dekat. Kehadiran orang nomor satu Indonesia ini dalam rangka meresmikan sejumlah pelabuhan di Bumi Anoa. Informasi tersebut disampaikan Kadis Perhubungan (Kadishub) Sultra, Dr. Hado Hasina.

Menurut dia, sejauh ini ada dua pelabuhan yang direncanakan untuk diresmikan mantan Wali Kota Solo tersebut, yakni pelabuhan penyeberangan di Bombana dan pelabuhan Raha-Pure. “Hasil rapat bersama di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), rencana dermaga tersebut bakal diresmikan Presiden Joko Widodo. Rencananya dalam bulan ini, hanya waktu tepatnya masih akan dirapatkan lagi. Termasuk lokasi peremiannya,” ungkap Hado Hasina, Minggu (4/2/2017).

Mantan Sekda Butur ini menambahkan, dirinya masih menunggu informasi dari Kemenhub untuk kembali rapat tentang kepastian kehadiran presiden di Sultra. Kembali soal pelabuhan, meski belum 100 persen rampung, namun pelabuhan rute Raha-Pure sudah bisa digunakan. “Agustus atau Oktober sudah bisa 100 persen. Pembangunan kini tinggal sisi darat saja. Tapi sudah bisa diresmikan,” jelasnya.

Pelabuhan lain yang juga sudah berhasil dibangun pemprov Sultra adalah Bungkutoko, Wanci, Maligano, Molewe dan Baubau. “Ada banyak pelabuhan yang telah berhasil dibangun. Semua nanti direncanakan diresmikan sekaligus dengan berpusat disatu titik pelabuhan sebagai simbolis oleh Presiden Jokowi,” tambahnya.

Lebih jauh, Pj Wali Kota Baubau ini menjelaskan, pembangunan dermaga merupakan wujud dari janji pemimpin Sultra, yakni pasangan Nur Alam-Saleh Lasata untuk menyatukan Sultra. “Sesuai dengan master plan Sultra harus memiliki 35 pelabuhan untuk menyatukan wilayahnya. Dari kebutuhan 35 yang berhasil dibangun hingga saat ini sudah 17 pelabuhan. Kemudian akan ada lagi 3 menyusul, yakni pelabuhan Tomia-Binongko, Binongko-Kaledupa dan Keledupa-Kadatua. Ini wujud dari impian Pak gubernur,” terangnya.

Meski telah membangun sejumlah pelabuhan, Hado mengatakan bahwa dalam pengoprasian dan perawatan masih membutuhkan peran pemerintah pusat. “Masyarakat harus maklum. Untuk pengelolaan pelabuhan tersebut masih membutuhkan subsidi dari pemerintah pusat. Termasuk dengan penyediaan kapalnya,” imbuhnya.

Dalam berbagai kesempatan, Plt Gubernur Sultra, HM Saleh Lasata mengungkapkan, pihaknya terus berkomitmen membangun Sultra hingga selesai masa jabatan. Menurutnya, semua janji yang pernah disampaikan kepada masyarakat sebisa mungkin dituntaskan. “Kalaupun belum selesai, minimal kami sudah memulainya. Tinggal pemimpin berikutnya menyelesaikan,” katanya. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top