Pariwara
Buton

Face Print Efektif Tingkatkan Kedisiplinan Pegawai

KENDARIPOS.CO.ID — Penggunaan face print atau absen dengan sistem pemindai wajah diklaim sangat efektif meningkatkan kedisiplinan aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton. “Jika kami lihat, proses peningkatan kedisiplinan setelah penerapan absensi face print dibanding awalnya, semakin bagus. Sebelum menggunakan face print para ASN bisa pulang jam berapa saja dan tak dapat terdeteksi. Sekaran sudah bisa. Ini sesuai peraturan bupati nomor 9 tahun 2017 tentang gerakan kedisiplinan ASN. Setiap pegawai wajib menaati aturan face print,” tegas Kepala Inspektorat Kabupaten Buton, La Halimu, saat ditemui di ruang kerjanya.

Dalam peraturan bupati tersebut ditegaskan, setiap pegawai atau honorer yang hadir pagi dan pulang sore wajib face print. Jika face print pagi, tapi sore hari tidak melakukan absensi, maka dianggap tak hadir. Demikian juga dengan sebaliknya. “Jadi dilakukan dua kali sehari yakni pagi dan sore. Pagi hari, batas waktu face print itu mulai pukul 07.30 sampai 11.00. Sedangkan sore mulai jam 13.00 sampai pulang kantor, jika hari Senin-Kamis jam 16.00, dan Jumat hingga 16.30,” rinci La Halimu.

Meski demikian, pihaknya tetap melakukan pemantauan pada para pegawai. Sebab, terkadang para aparatur hanya datang melakukan absensi, setelah itu meninggalkan kawasan perkantoran dan nanti saat pulang baru kembali face print. “Tetap saja akan ketahuan. Sebab penanggung jawab face print dari setiap SKPD masing-masing yang akan mendeteksinya. Orang-orang yang berlebihan rajin ini akan dilihat pada dokumen face print setelah pada akhir bulan. Jika dilihat full sementara setiap hari orangnya tidak ada, maka penanggung jawab di SKPD itu membuat pernyataan. Kehadirannya dapat dianulir,” tegasnya. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top