Pariwara
Kolaka Utara

Distan Kolut Adakan Alat Pertanian dan Satu Exavator

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mempercepat proses budi daya tanaman sela sebagai pendukung program revitalisasi kakao di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), lahannya akan diolah menggunakan mesin kultivator. Dinas Pertanian (Distan) setempat rencananya akan mengadakan 9 unit alat menggembur tanah itu, tahun ini.

Kadistan Kolut, Samsu Ridjal, mengungkapkan, kultivator tersebut dikhususkan menggarap tanaman sela. Selain itu, pihaknya juga merencanakan mesin pengering pascapanen serta satu unit exavator. “Rencana exavator tiga unit namun hanya satu yang lolos diadakan karena anggaran terbatas,” ujarnya, kepada Kendari Pos. Meski tak merinci nominal yang dialokasikan, Samsu Ridjal mengaku, semua dana telah masuk dalam dokumen pelaksanaan anggaran (DPA). Satu alat berat tersebut untuk menggarap lahan basah untuk memperlancar irigasi pengairan agar tanah bisa dan mudah ditanami.

“Beberapa wilayah areal lahan kosong kondisinya berair dan perlu pemaritan agar bisa produktif,” tuturnya. Untuk menunjang proses penanganan hasil panen jagung di wilayah tersebut, instansinya juga tengah merencanakan beberapa alat pemipil dalam memudahkan petani. Wilayah tersebut memang tengah mengembangkan budi daya jagung yang tersebar di beberapa wilayah. Sejauh ini, penanaman jagung pada sejumlah kecamatan digarap langsung para kelompok tani. Hanya saja jumlahnya bibit yang disalurkan tidak diketahui mengingat bantuan tersebut didistribusi langsung dari Pemprov Sultra ke sejumlah kelompok tani yang terdaftar di instansinya. (c/rus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top