Pariwara
Konawe Kepulauan

Bantuan Beras di Konkep Belum Disalurkan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), harus bersabar menunggu jatah beras keluarga sejahtera (Rastra) dari pemerintah. Hingga kini, bantuan sosial (Bansos) tersebut belum juga disalurkan ke Pulau Wawonii. Padahal sesuai instruksi Kementerian Sosial, Rastra itu, sudah tersalurkan setiap tanggal 25 setiap bulan. Kepala Dinas (Kadis) Sosial Konkep, Muh. Rustam Arifin, membenarkan, jika bantuan Rastra periode Januari 2018 lalu belum disalurkan pada 3.489 KPM. Argumennya, mobilisasi angkutan Rastra dari Kota Kendari ke Pulau Wawonii menjadi kendala. “Iya, seharusnya memang setiap tanggal 25 bantuan Rastra sudah diterima KPM. Tetapi kami terkendala mobilisasi angkutan. Karena KM Feri Bahteramas yang menghubungkan Kota Kendari dan Pulau Wawonii sedang berhenti beroperasi. Sehingga bantuan tersebut masih berada di Bulog Kendari,” jawab Muh. Rustam Arifin, saat ditemui Kendari Pos.

Pihaknya tinggal menunggu mobilisasi angkutan beroperasi kembali. Agar bantuan Rastra tersebut dapat disalurkan kepada KPM yang sudah terdaftar di Pulau Wawonii . “Nanti tanggal 25 Februari ini kami akan salurkan. Sekalian dengan bantuan Rastra periode Januari. Nantinya penyaluran Rastra ini akan dikawal TNI Polri. Agar tidak ada oknum-oknum yang memanfaatkan bantuan Rastra,” ujarnya.

Muh. Rustam Arifin menjelaskan, setiap KPM akan mendapatkan 10 kilogram bantuan Rastra per bulan dengan nilai Rp 110 ribu. Tetapi bantuan tersebut sepenuhnya ditanggung pemerintah sampai bantuan Rastra tersebut tiba pada titik distribusi tiap kecamatan dan desa di pulau tersebut. Dia berharap warga penerima KPM saat ini bersabar menunggu penyaluran bantuan tersebut.

Rustam menjelaskan, bantuan Rastra tersebut juga mengalami pengurangan dibandingkan tahun lalu. “Kalau tahun lalu, setiap KPM mendapat 15 kilogram. Tapi untuk tahun ini hanya 10 kilogram,” katanya. Jumlah KPM di Pulau Wawonii juga mengalami pengurangan. Tahun 2017 lalu, penerima sebanyak 3.840 kepala keluarga. Sementara di tahun ini angka itu turun menjadi 3.489. “Banyak faktor yang menyebabkan KPM di Konkep berkurang. Hasil dari verifikasi dan validasi 351 KPM yang mengalami pengurangan ditahun ini menyebutkan, ekonomi masyarakat mulai membaik. Ada juga yang pindah domisili dan meninggal dunia,” ungkapnya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top