Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe

243 Perpustakaan Daerah di Konawe Dibina

Ilustrasi Perpustakaan

KENDARIPOS.CO.ID — Tak hanya memperkaya literatur, Perpustakaan dan Arsip Daerah Konawe juga membina ratusan perpustakaan lain, mulai dari sekolah hingga desa. Kini sudah ada 243 sumber bacaan di masyarakat yang dibina Perpusda Konawe, untuk menumbuhkan budaya membaca dalam masyarakat.

Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Konawe, Ameruddin, mengungkapkan, sebanyak 243 perpustakaan itu terdiri dari tiga di rumah ibadah, satu taman baca masyarakat, 135 perpustakaan SD, 66 perpustakaan SMP, 37 SMA/MA dan 147 perpustakaan desa atau kelurahan. “Kami justru senang dengan banyaknya perpustakaan. Artinya minat masyarakat membaca juga bisa lebih besar,” ujarnya, minggu (4/2).

Mantan Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setkab Konawe itu menjelaskan, setiap tahun ketika pengadaan buku, maka pihaknya juga akan menyalurkan ke perpustakaan desa dan kelurahan, masjid dan taman baca. “Ya, kecuali untuk perpustakaan sekolah tidak, karena mereka sudah ada anggaran sendiri, misalnya melalui dana BOS bisa mengadakan buku bacaan,” jelasnya.

Ameruddin juga menambahkan, ketika ada proposal untuk permintaan buku bacaan, pihaknya juga berusaha untuk memenuhi, sebab itu sebagai langkah memasyarakatkan budaya membaca. “Biasa juga ada proposal permintaan buku, jadi kalau ada pengadaan buku, kita bisa simpan juga untuk hal seperti itu, misalnya ada yang membuat taman baca, kita bantu kalau ada stok buku. Tapi tentu saja jumlah yang kita serahkan terbatas,” pungkasnya. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top