Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

Satpol PP Cek Izin Usaha Pedagang di Buton

Kasat Pol PP Buton, La Madi

KENDARIPOS.CO.ID — Pendataan terhadap kios-kios pedagang di Pasar Kaloko, Pasarwajo, Kabupaten Buton, dilakukan. Sebab ditengarai, banyak lods pedagang disewakan pada pihak lain, bahkan ada yang telah diperjualbelikan. Makanya, untuk menegakkan peraturan daerah (Perda) nomor 3 tahun 2018, pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) turun melakukan identifikasi kios-kios milik pemerintah tersebut. Kasatpol PP Kabupaten Buton, La Madi, mengatakan, semua dilakukan untuk penegakan Perda tentang izin usaha.

“Setelah kita turun di pasar itu, ternyata benar. Banyak kios-kios yang bukan lagi atas nama pemilik awalnya. Tapi walaupun begitu, SITU dan SIUP mereka sebagai kewajiban dalam berusaha, tetap ada,” katanya, saat ditemui usai inspeksi di Pasar Kaloko, Jumat (2/2). Ia menjelaskan, Pasar Kaloko merupakan milik pemerintah. Sehingga tindak lanjut dari temuan itu, pihaknya akan melaporkan ke pimpinan daerah.

Ia juga mengimbau pedagang, segera memperpanjang surat izin tempat usaha dan dokumen lainnya ke Dinas Perizinan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DP2M-PTSP). “Sekaligus mengurus pergantian nama dari pemilik sebelumnya ke yang baru. Ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Kegiatan seperti ini akan rutin kami lakukan untuk penegakan Perda lainnya. Sekarang kita mulai dulu dalam ibu kota,” tegas La Madi.

Pihaknya juga akan memantau izin-izin usaha dan reklame saja, tapi juga mengawasi kawasan tanpa asap rokok, aktivitas galian tambang C, pajak perhotelan dan lainnya. Dalam waktu dekat ini, Satpol PP Buton akan menggelar sosialisasi penegakan sejumlah Perda. “Kami akan undang para pelaku usaha, camat, kepala desa, kontraktor serta tokoh masyarakat,” tandas La Madi. (b/mel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top