Pariwara
Kolaka Utara

Produksi Perikanan Menurun, Kawasan Tambak di Kolut Diperluas

Produksi perikanan di Kolaka Utara terus mengalami penurunan. Kini pemerintah berupaya memperluas kawasan tambak untuk meningkatkan komoditi tersebut. Foto: Muhammad Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2017 lalu, produksi hasil perikanan tambak di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengalami penurunan jika dibanding 2016 yang berhasil menyumbang 14 persen produk domestik regional bruto (PDRB) dalam lingkup pertanian secara luas. Kondisi tersebut dipicu serangan penyakit dan kondisi cuaca yang tidak bersahabat, musim lalu.

Kepala Dinas Perikanan Kolut, Muhlis Usman, melalui Kasubag Perencaan Program, Agustan, Jumat (2/2) menjelaskan, penurunan produksi tambak Kolut tersebut sudah ditindaklanjuti dengan mengambil sampel air untuk diteliti lebih lanjut. Begitu juga dengan peningkatan kesehatan lingkungan budi daya. “Tahun ini kami harapkan bisa melakukan peningkatan,” optimis Agustan.

Proyeksi peningkatan produksi tersebut salah satunya dilakukan dengan perluasan areal tambak pada sejumlah wilayah. Di Kolut, luas lahan potensial mencapai 5 ribu hektare. Saat ini hampir 2 ribu hektare dominan tambak air payau dibanding laut dan air tawar.
Persebaran wilayah tambak di Kolut saat ini meliputi Pakue Utara, Batu Putih, Rante Angin, Wawo dan tiga lokasi pemasok produksi terbanyak meliputi Kecamatan Tiwu, Watunohu, dan Pakue. Lagi pula, ketiga zona tersebut telah diusul sebagai kawasan minapolitan.

“Untuk di Tiwu, tambak di sana didominasi pengelola swasta secara intens,” ujarnya. 2017 lalu tidak ada perluasan tambak, namun ke depan ini ditarget per tahun mengalami perluasan 100 hektare baik itu untuk tambak air laut, tawar dan payau. Sementara di 2018 ini berupa pengembangan kawasan dalam bentuk irigasi tambak partisipatif. “Kelompok masyarakat sendiri yang akan mengelolanya secara tradisional,” pungkas Agustan. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top