Pariwara
Hukum & Kriminal

Polres Konawe Usut Perpipaan Fiktif, Mantan Plt Kades Andadowi Diduga Terlibat

Kasat Reskrim Polres Konawe, Iptu Rachmat Zam Zam

KENDARIPOS.CO.ID — Dugaan korupsi dana desa oleh mantan Plt. Kepala Desa (Kades) Andadowi, AT (47) masih digarap penyidik Tipiter Satreskrim Polres Konawe. Perbuatan AT yang membuat proyek fiktif diduga merugikan negara lebih Rp 200 juta. Penyidik masih menunggu hasil audit tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra. Tim akan turun lapangan untuk memeriksa secara langsung.

Kapolres Konawe, AKBP Muh. Nur Akbar melalui Kasat Reskrim Iptu Rachmat Zam Zam mengungkapkan tersangka AT merupakan Sekretaris Desa (Sekdes) berstatus PNS yang diangkat menjadi pelaksana tugas (Plt) Kades. Saat pencairan dana desa (DD) tahap I, diduga AT melakukan pengadaan fiktif pembuatan perpipaan air bersih, dan terbukti tidak dilaksanakan sama sekali.

“Nanti pencairan DD tahap II, baru pembuatan pipa air bersih itu dilaksanakan oleh kades terpilih. Masyarakat yang tahu hal itu, melaporkan ke Polres, lalu kita langsung melakukan audit investigasi, dan hasil penghitungan kerugian keuangan negara (PKKN) lebih dari Rp 200 juta,” ujar Iptu Rachmat Zam Zam, Jumat (2/2). Lanjut dia, kini kasus tersebut masih menunggu tim audit untuk turun bersama ke lapangan. “Setelah audit, pemeriksaan tersangka, lalu kita rampungkan berkas, dan serahkan ke jaksa. Kita yakin 2 alat bukti sudah terpenuhi, dan indikasi hukumnya sudah jelas, makanya waktu itu kita langsung PKKN, dan buatkan LP,” beber Iptu Rachmat Zam Zam.

Mantan Plt. Kades Andadowi, AT itu disangkakan pasal 2 dan 3 UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor. Ancaman pidana maksimal 20 tahun penjara. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top