Pariwara
Pariwara
Pariwara
Space Iklan
Edukasi

Mahasiswa Geografi UGM Sambangi Markas Pushidrosal

Kepala Pusat Hidrologi TNI Angkatan Laut Laksda TNI Harjo Susmoro (tengah) bersama Kasarmatim Lasma TNI I. N.G. Ariawan (kanan) di Markas Koarmatim, Ujung Surabaya, beberapa waktu lalu. Foto: Koarmatim

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 40 mahasiswa Kartografi dan Penginderaan Jauh Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) menyambangi Markas Komando (Mako) Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur Jakarta Utara, pekan lalu.

Kedatangan rombongan mahasiswa ini didampingi oleh dua pembimbing tersebut diterima oleh Kepala Dinas Oseanografi dan Meteorologi (Kadis Osemet) Letkol Laut (KH) Kamija mewakili Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro.

Kapushidrosal dalam sambutan dibacakan Kadis Osemet antara lain mengatakan Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi dan Oseanografi nasional berupaya menjadi Pusat Informasi Geospasial Kelautan terbaik di dunia.

Selaku Lembaga Hidrografi, tugas yang diemban Pushidrosal tidaklah ringan. Pasalnya, Pushidrosal harus mampu memenuhi tuntutan publik dalam menyiapkan data serta informasi hidrografi dan oseanografi di seluruh perairan NKRI dengan akurat, mutakhir dan terpercaya berupa produk kenautikaan yang selalu up to date bagi kepentingan keselamatan pelayaran di Indonesia.

Di bidang Diplomasi batas maritim, menurut Kapushidrosal, Pushidrosal turut mengemban fungsi diplomasi sebagai delegasi Indonesia dan tim teknis Kemenlu RI dalam setiap perundingan penetapan batas maritim dengan negara tetangga mencakup batas laut teritorial, ZEE maupun landas kontinen.

Kapushidrosal berharap para mahasiswa Kartografi dan Penginderaan jauh Fakultas Geografi UGM agar memanfaatkan kesempatan kunjungan yang singkat tersebut untuk menambah ilmu dan pengetahuan serta wawasan bidang hidro-oseanografi.

Pada kegiatan kunjungan ini, peserta menerima pemaparan tentang tugas Pokok Pushidrosal selaku lembaga hidrografi nasional, peran dan kiprah yang telah dilaksanakan selama ini. Selain itu, produk-produk yang telah dihasilkan berupa Peta laut Indonesia serta publikasi nautika lainnya yang disampaikan oleh salah seorang perwira Pushidrosal Kapten Laut (KH) M. Anwar.

Menurut Kadisinfolahta, Kolonel Laut (E) H.A. Danang Rimbawa, Kkegiatan diakhiri dengan mengunjungi dua dinas di lingkungan Pushidrosal yaitu Dinas Pemetaan dan Dinas Veranautikas, guna mengetahui tugas masing-masing bagian dalam mendukung tugas pokok Pushidrosal.(jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top