Pariwara
Pariwara
Pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Kepala BP2RD Kota Kendari : Warga Jangan Tunggu Pemutihan Pajak

Nahwa Umar

KENDARIPOS.CO.ID — Realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Kendari tahun 2017 masih bertahan di posisi puncak sebagai capaian tertinggi selama 5 lima tahun terakhir. Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Kendari sukses meraup angka Rp 17 miliar dari target hampir 19 miliar. Capaian 85 persen itu tak terlepas dari berbagai terobosan dalam upaya mengutip pajak daerah oleh pemerintah. Meski begitu, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir jika diakumulasi tunggakan PBB juga tak sedikit. Nilainya bisa miliaran.

Kepala BP2RD Kota Kendari, Nahwa Umar tetap mengapresiasi masyarakat atas kesadaran membayar pajak yang semakin meningkat setiap tahunnya. Hanya saja, dia mengingatkan agar penunggak pajak jangan terlalu berharap atau menunggu kebijakan pemutihan yang dicanangkan pemerintah diwaktu-waktu tertentu. Sebab, itu tak akan berlaku bagi mereka yang menunggak 1 atau 2 tahun. “Saya selalu sampaikan, jangan menunda. Denda sedikit lalu dibiarkan lama juga tetap akan banyak. Jadi sebaiknya bayar tepat waktu,” jelasnya.

Menurut Nahwa Umar, kalau harus menunggu 3 tahun maka masyarakat dihadapkan pada aturan pemerintah yang terus diperbaharui. “Sekarang kalau tanah atau rumah mau dijual itu harus ada bukti-bukti pelunasan pajak. Kita tidak mau mengirim surat tunggakan pajak lagi. Masyarakat yang tidak bisa memperlihatkan kwitansi PBB baik tagihan maupun pelunasan maka asetnya bisa disita dan menjadi milik negara, karena dianggap tidak ada pemiliknya atau tidak pernah bayar pajak,” paparnya.

Olehnya itu, mantan Kepala Inspektorat Kota Kendari itu berharap masyarakat bisa memperhatikan waktu jatuh tempo pelunasan pajak. Sehingga target pajak tahun 2018 ini bisa lebih tinggi realisasinya daripada tahun 2017. “Kita rencana tim yustisi turun 2 kali tahun ini, sebelum jatuh tempo dan sesudah jatuh tempo, supaya masyarakat ada peringatan secara langsung,” pungkasnya. (ely/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top