Pariwara
Buton Tengah

DLH Buteng Hentikan Aktivitas Sedot Pasir di Laut

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Selain memantau aktivitas penambangan pasir ilegal, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buton Tengah (Buteng) juga mengawasi berbagai kegiatan lainnya yang berpotensi merusak kawasan. Beberapa waktu lalu, instansi tersebut menghentikan aktivitas penyedotan pasir di laut yang dilakukan di Desa Lowu-Lowu, Kecamatan Gu.

Kepala DLH Buteng, Alimuddin, mengatakan, kegiatan perusakan lingkungan tersebut diketahui berdasarkan informasi yang disampaikan masyarakat setempat. Olehnya itu, pihaknya turun langsung ke lapangan untuk memastikan kebenaran dari informasi itu. Hasilnya, membuktikan ada aktivitas penyedotan pasir di laut. “Saat kami turun melakukan pemantauan, ditemukan adanya penyedotan pasir sementara berlangsung. Kami langsung mengambil tindakan tegas dengan menghentikan kegiatan tersebut. Selain itu, kami akan memberikan surat teguran dan memanggil oknum yang bertanggung jawab untuk dimintai keterangan,” ungkapnya, jumat (2/2).

Menurut Alimuddin, penyedotan pasir di laut secara langsung tersebut sangat mempengaruhi kehidupan biota laut. Pasalnya, peralatan yang digunakan merusak di dalam laut, kemudian pasirnya disedot. Kemudian, tingkat kerusakan yang ditimbulkan, juga sangat parah. “Bayangkan saja, dalam hitungan beberapa jam, pasir yang disedot sudah sangat banyak. Apalagi kalau kegiatan ini berlangsung dalam kurun waktu lama. Makanya, kami mengambil tindakan untuk menghentikan kegiatan penyedotan pasir ini,” jelasnya.

Alimuddin berharap, pihaknya mendapat dukungan dan kerja sama semua lapisan masyarakat dalam menghentikan perusakan lingkungan yang terjadi. Utamanya, aktif memberikan informasi terkait kegiatan yang dianggap berpotensi merusak potensi alam, apalagi jika tidak mengantongi izin resmi. “Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mencegah perusakan lingkungan,” tutupnya. (b/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top