Pariwara
Konawe Kepulauan

32.707 Warga Konkep Ditanggung Jamkesda

Muh. Rustam Arifin, Kadis Sosial

KENDARIPOS.CO.ID — Janji Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) H. Amrullah bersama Wakilnya Andi Muhamad Lutfi untuk menjamin kesehatan gratis bagi warganya, direalisasikan. Sampai kini tercatat sudah 32.707 jiwa penduduk di Pulau Wawonii tersebut yang terdata sejak 2016 lalu, mendapat pelayanan kesehatan gratis yang dibiayai pemerintah. Meski belum semua terdata untuk mendapatkan kartu jaminan kesehatan daerah (Jamkesda), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep terus berupaya menjamin seluruh warganya.

Pihak Dinas Sosial menargetkan, awal pekan depan, kartu Jamkesda sudah diterima oleh warga Konkep. Nantinya kartu kesehatan gratis itu juga akan dilaunching saat pembukaan MTQ kabupaten, 5 Februari nanti. “Ada 32.707 jiwa penduduk Wawonii yang akan menerima kartu Jamkesda. Biayanya menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah sebanyak 3.423 jiwa. Selebihnya dari APBN, ada 28.532 jiwa,” kata Kadis Sosial, Muh. Rustam Arifin, saat ditemui di ruang kerjanya Jumat (2/1).

Sesuai janji, Pemkab Konkep menjamin seluruh kesehatan gratis pada warganya, dan akan dituntaskan tahun ini. Saat ini pihaknya terus melakukan pendataan di lapangan agar masuk sebagai anggota Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). “Saat ini kami terkendala karena ada warga yang belum memiliki kartu keluarga. Sehingga kami tak bisa memberikan jaminan kesehatan. Karena bantuan Jamkesda, berdasarkan nomor induk keluarga,” ujar pejabat yang baru dilantik itu.

Rustam Arifin menambahkan, selain dibiayai pemerintah, ada warga di Bumi Kelapa itu yang diketahui menanggung dana pemeliharaan kesehatannya secara mandiri. “Data kami ada 232 jiwa yang membayar iuran jaminan kesehatannya secara mandiri. Tetapi secara perlahan kami akan alihkan untuk dijamin oleh daerah,” katanya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top