Pariwara
Edukasi

1521 Mahasiswa UHO “Turun Gunung”

Dorong Kemandirian: Kika: Dosen pendamping mahasiswa KKN, Prof. Dr. H. Usman Rianse, M.Si, Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., dan Bupati Muna, LM. Rusman Emba, saat seremoni penerimaan mahasiswa KKN UHO di Rumah Adat Barugano Wuna, Kota Raha, jumat (2/2). Foto: Humas UHO for Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Selain memberikan pengalaman belajar dan bekerja pada mahasiswa, Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bagian integral dari proses pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi. Hal ini pula yang diikuti 1521 mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) yang tersebar di tiga kabupaten di Sultra, yaitu Muna, Muna Barat (Mubar) dan Konawe Kepulauan (Konkep).

Jumat (2/2) Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., bersama pejabat di lingkupnya, mengantar 440 mahasiswa yang akan praktik di Kabupaten Muna. Zamrun beserta rombongan pun disambut hangat oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba di Rumah Adat Barugano Wuna, Kota Raha, jumat (2/2).

“Kita berharap mahasiswa KKN menjadi ajang praktik sekaligus belajar mahasiswa. Melatih disiplin diri dan etos kerja, mampu bekerja bersama (team work). Bahkan turut mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. Banyak hal yang bisa diperoleh, dan tak kalah penting, selama sebulan turun lapangan, mereka harus menjaga nama baik almamaternya,” tukasnya.

Selain itu, mahasiswa KKN UHO juga wajib melakukan survei lokasi untuk melihat potensi apa saja yang dimiliki di lokasi praktik mereka. Ketua Panitia KKN UHO, Syahbudin, SH., MH., menyampaikan selama turun gunung, mereka juga harus survei data alumni untuk kebutuhan homebase.

“Indikator penilaian hasil KKN mahasiswa adalah laporan yang didukung data visual, utamanya terkait potensi daerah yang menjadi lokasi KKN. Praktik mahasiswa ini menjadi salah satu program wajib yang diikuti mahasiswa yang ingin menyelesaikan studinya.

Setelah mendampingi mahasiswa KKN di Muna, Rektor UHO beserta rombongan akan mengantar mahasiswa di Kabupaten Mubar hari ini (3/2). Tanggal 6 Februari mendatang, para petinggi Kampus Hijau pun akan menemani KKN perdana mahasiswa di Konkep. (lia)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top