Pariwara
Konawe Utara

Perangkat Desa di Konut Diseleksi Ulang

Sulkarnain Sinapoy

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja kepala desa (Kades) dalam melakukan pengelolaan keuangan desa semestinya didukung dengan keberadaan perangkat desa yang handal. Untuk mendapatkan perangkat desa dengan kapasitas dan kualitas baik dalam membantu tugas-tugas Kades, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) memberikan penegasan agar perangkat desa yang ada diseleksi ulang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konut, Sulkarnain Sinapoy, menuturkan, kebijakan seleksi ulang bagi perangkat desa di Konut sebenarnya sangat terlambat. Sebab, undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan PP 43 tahun 2014 terkait aturan pelaksanaan UU nomor 4 tahun 2014 telah lama diterbitkan sebagai acuan dalam pengangkatan perangkat desa.

“Sebenarnya dua tahun lalu sudah harus berjalan. Tapi kita perlahan memperbaiki pemerintahan di desa dengan melakukan seleksi ulang perangkatnya. Ini agar pemerintahan desa benar-benar bisa terlaksana sesuai perintah undang-undang,” ujar mantan Kabag Pemerintahan itu, kemarin. Seleksi perangkat desa dilakukan Kades dan tokoh masyarakat dibantu BPD melalui musyawarah. Sulkarnain menambahkan jika seleksi aparatur sementara berlangsung dengan panitia seleksi dibentuk langsung melalui musyawarah desa.

“Kenapa harus dilakukan seleksi kembali, supaya pemerintahan desa berkualitas, kepala desa bisa terbantu. Ini juga memberikan ultimatum pada kepala desa untuk tidak melakukan pergantian aparat setiap tahun,” ujarnya. Sulkarnain menambahkan untuk aparat desa yang akan masuk dalam seleksi minimal jenjang pendidikan setara SMA. Sementara Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan DPMD Konut, Nur Adnan Ariputra, menuturkan, nantinya rencana gaji perangkat desa akan disetarakan dengan PNS golongan IIA atau upah minimum kabupaten. “Dalam seleksi perangkat desa juga dilihat dari dari tipe wilayah, swadaya, swasakarya dan swasembada,” ujarnya. (c/min)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top