Pariwara
Politik

Parpol Lama Tetap Diverifikasi

Sarmadan

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 13 partai politik (Parpol) di Konawe harus menjalani tahap verifikasi faktual untuk bisa menjadi peserta Pemilu 2019. Pasalnya, putusan mahkamah konstitusi (MK) bahwa seluruh Parpol harus diverifikasi kepengurusan dan keanggotaan, baik parpol peserta pemilu 2014, maupun yang baru.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe, Sarmadan mengungkapkan pasca putusan MK, KPU RI memutuskan agar seluruh parpol baik peserta pemilu 2014, maupun yang baru harus melakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan. Untuk itulah, sebanyak 12 parpol yang mempunyai seat di DPR RI dan provinsi yakni PAN, PDIP, Demokrat, Gerindra, PKB, Golkar, Hanura, PKS, PBB, Partai Persatuan Pembangunan, NasDem, PKPI juga menjalani verifikasi.

“Kemudian, ditambah empat parpol baru yang juga lolos di KPU RI yakni, Perindo, Berkarya, PSI, dan Garuda. Tapi untuk Konawe hanya 13 parpol, minus PPP, Perindo, dan Berkarya. PPP tidak kita verifikasi, karena tidak memasukan perbaikan saat verifikasi administrasi di KPU Konawe, tapi untuk nasional mereka lolos,” jelasnya.

Lanjut dia, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan Parpol dan Panwas, membahas verifikasi faktual tersebut. Waktu verifikasi mulai 31 Januari sampai 2 Februari, dan masa perbaikan 3 sampai 5 Februari. Karena waktunya cuma tiga hari, maka KPU akan turun di lapangan dengan dua tim.

“Caranya, kami ke sekretariat mereka, lalu masing-masing parpol mendatangkan sebanyak 5 persen dari jumlah anggota yang mereka laporkan saat verifikasi administrasi. Misalnya, mereka laporkan 300 orang, maka jumlah yang dihadirkan cukup 15 orang saja, 5 persen dari 300, dari 12 kecamatan berbeda,” pungkasnya. (b/hel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top