Pariwara
Konawe Kepulauan

Kemiringan Jalur Gunung Beo di Konkep Dikurangi

Gunung beo di Konkep.

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) kini tak perlu khawatir lagi jika melintasi jalur di kawasan Gunung Beo, di Kecamatan Wawonii Barat. Pasalnya, kemiringan pada tanjakan tertinggi di Pulau Wawonii itu sudah tak seekstrem dulu lagi. Dinas Pekerjaan Umum (PU), terus menurunkan elevasi gunung tersebut.

“Sudah 12 meter yang diturunkan. Kami target, kemiringan gunung Beo hanya 10 persen. Kondisinya tidak seekstrem dulu lagi,” kata Kadis PU Konkep, Israwan Sulpa, saat ditemui sedang melakukan monitoring pengerjaan jalan, Kamis (1/2). Menurutnya, pengatingan gunung Beo yang berada di antara Kecamatan Wawonii Barat dan Wawonii Utara itu, menggunakan APBD Konkep.

“Kami melakukan pengurangan kemiringan gunung dan pengerjaan jalan di Pulau Wawonii, bersumber dari APBD Konkep. Karena di Wawonii tidak ada jalan nasional yang menghubungkan antar provinsi. Sehingga kami mengandalkan anggaran daerah saja,” katanya. Ditahun 2017 lalu, draf anggaran Dinas PU Konkep, hanya diplot Rp 120 miliar dari APBD reguler. Langkah tersebut dilakukan untuk menuntaskan visi misi Bupati Konkep, H. Amrullah, mewujudkan peradaban masyarakat Wawonii yang bebas dari belenggu keterbelakangan sosial, ekonomi dan budaya.

Tetapi di tahun 2018 ini, instansi yang dipimpinnya mengalami defisit anggaran. Dana yang diplot untuk menuntaskan program-program infrastruktur hanya Rp 100 miliar. “Kalau di APBD-P 2017, kami diplot 170 miliar. Kalau di APBD reguler hanya 120 miliar. Sekarang di APBD reguler 2018 mengalami kekurangan. Tentunya ini sangat berdampak. Tetapi kami akan menyesuaikan dengan anggaran yang ada,” tandas Israwan Sulpa. (b/san)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top