Pariwara
Metro Kendari

Habiskan APBD Lebih Rp 200 Miliar, Masjid Al Alam Diresmikan 12 Februari

KENDARIPOS.CO.ID — Pekerjaan fisik Masjid Al Alam sudah tuntas. Rumah ibadah yang menelan APBD lebih dari Rp 200 miliar itu sudah bisa dimanfaatkan masyarakat untuk salat dan kegiatan keagamaan lainnya. Plt. Gubernur Sultra, Saleh Lasata mengaku lega setelah mendapat laporan dari Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang, Pahri Yamsul terkait tuntasnya pekerjaan masjid itu.

Saleh Lasata mengaku proyek Masjid Al Alam adalah salah satu mega proyek yang dipersembahkan Nur Alam-Saleh Lasata (NUSA) untuk masyarakat Sultra. Sehingga menjadi kebanggaan tersendiri jika masjid itu tuntas sebelum masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, NUSA berakhir. Saleh Lasata pun sudah menyetujui rencana peresmian masjid itu pada 12 Februari mendatang. “Saya harus resmikan sebelum ekspos pemerintahan 10 tahun NUSA membangun, karena setelah ekspos ada beberapa agenda penting juga. Insya Allah tanggal 12, kita resmikan pemanfaatan Masjid Al Alam,” ujar Saleh Lasata, Kamis (1/2/2017).

Lebih lanjut, mantan Bupati Muna itu mengatakan pemanfaatan masjid harus ada pengurusnya. Masjid tidak boleh dibiarkan kosong tanpa pengelola. Selain keamanan dan kebersihannya tidak terjamin, penganut radikal dikhawatirkan bisa masuk di sana. Olehnya itu, Kamis pagi kemarin, Plt. Gubernur langsung menggelar rapat dengan intansi terkait. Dalam pertemuan itu telah menghasilkan pengurus inti masjid yang sudah bisa menyusun pengurus masjid mulai Senin pekan depan. “Sudah mau dipakai, jadi harus ada pengurusnya. Nah, Kamis (1/2/2017) sudah kita bentuk pembina dan ketua-ketua harian, supaya masjid ini benar-benar termanfaatkan dengan baik untuk umat,” ungkap Saleh Lasata.

Dia berpesan agar Masjid Al Alam nantinya bisa dijaga bersama masyarakat. Sebab selain tempat ibadah, masjid tersebut telah menjadi ikon Sultra sehingga banyak masyarakat yang hanya datang untuk berswafoto di lokasi. “Kita jaga, bukan hanya pemerintah. Masyarakat juga karena ini milik bersama. Dibangun dengan uang rakyat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan pihaknya sudah menyampaikan pada rekanan rencana peresmian itu. Sehingga finishing dan perapian masjid bisa digenjot. “Sudah selesai, hanya dirapikan saja sekarang. Sudah siap diresmikan. Saya juga sudah lapor ke Plt. Gubernur,” kata Pahri Yamsul. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top