Pariwara
Metro Kendari

Tampung 455 Tahanan, Lapas Kendari Over Kapasitas

Gunarso

KENDARIPOS.CO.ID — Bisa jadi tingkat kriminal di daerah ini cukup tinggi. Lihat saja kapasitas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kendari sudah over kapasitas. Idealnya, Lapas Kendari menampung 387 warga binaan. Tapi jumlah warga binaan saat ini berjumlah 455 orang. Over kapasitas Lapas itu diakui Kepala Lapas Kelas II A Kendari, Gunarso. Kondisi saat ini sangat tidak memungkinkan lagi. Over kapasitas disebabkan banyaknya warga binaan yang dikirim dari berbagai rumah tahanan di Sultra yang sudah berstatus narapidana. Misalkan Rutan Unaaha dan Rutan Kolaka. Kasus narkoba mendominasi warga binaan di Lapas. Menurut Gunarso, penyebab lainnya karena banyaknya warga binaan perempuan. Jumlahnya mencapai 100 warga binaan perempuan.”Iya. Memang sudah over kapasitaslah kalau kita lihat,” ujar Gunarso, kepada Kendari Pos.

Gunarso menyebutkan terdapat 10 blok di Lapas di isi warga binaan yang terlibat korupsi, warga binaan perempuan, narkoba dan kejahatan umum lainnya. Belum lagi kata dia, warga binaan anak yang menumpang sementara. Over kapasitas tersebut mencapai 40 persen . Gunarso berharap Lapas Perempuan yang semulanya di wacanakan untuk dibangun agar segera terealisasi. “Meski over kapasitasnya lumayan. Tapi, tetap kita lakukan pengawasan kepada semua warga binaan yang ada,” tutupnya. (ade/c)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top