Pariwara
Edukasi

SMAN 8 Kendari Target Lulus 100 Persen yang Berintegritas


Notice: Undefined variable: amazondisplaywidget in /home/kendaripos/public_html/wp-content/plugins/wp-auto-affiliate-links/aal_engine.php on line 503

Kepala SMAN 8 Kendari, Tenggaruddin tak hanya bertekad meluluskan siswanya 100 persen dalam UNBK nanti, tapi harus lulus berintegritas. Mantan Kepala SMAN 4 Kendari itu tampak memantau proses belajar mengajar di kelas khusus. Kelas itu fokus mengarahkan siswa untuk lebih memahami materi yang akan diujikan nanti.

KENDARIPOS.CO.ID — SMAN 8 Kendari dalam kendali Dr. Tenggaruddin, S.Pd tak hanya bertekad meluluskan siswa 100 persen dalam ujian nasional nanti. Ada tujuan mulia dibalik target kelulusan. Kepala SMAN 8 Kendari, Tenggaruddin menargetkan 2018 anak didiknya harus lulus berintegritas dan berprestasi. Artinya, selain lulus 100 persen, siswa SMAN 8 Kendari juga harus menyandang predikat pribadi yang jujur, berkarakter kuat dan mampu bersaing. Cita-cita itulah yang ingin di wujudkan mantan Kepala SMAN 4 Kendari itu. Target itu memang bukan perkara mudah. Butuh usaha maksimal.

“Banyak hal yang sudah kami ajarkan kepada siswa. Selain mata pelajaran sesuai kurikulum, kami juga mengadakan pelajaran ekstra yang nantinya dapat menambah pengetahuan siswa, mulai dari pelajaran moral, akhlak dan lainnya,” ujar Tenggaruddin saat di temui Kendari Pos di SMAN 8 Kendari, Rabu (31/1).

Selain itu, siswa yang akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK), Tenggaruddin sudah membekali anak didiknya. Salah satunya dengan mengintensifkan pengayaan berupa les selama 10 minggu. Fokus les pada materi yang diujikan pada ujian nasional. Tenggaruddin mengaku punya strategi lainnya dan itu belum pernah diterapkan di sekolah lain. Dia mengidentifikasi siswa yang memiliki kekurangan dalam materi maupun hal lain misalnya siswa bandel dan kerap bolos. Siswa tersebut diarahkan agar lebih fokus pada pelajaran dengan melibatkan orang tua dan guru. Tugas orang tua adalah memberi motivasi dan membantu guru mengantisipasi kekurangan anak, baik pengetahuan dan keterampilan, maupun sikap mental dan sebagainya.

Ditanya soal kesiapan siswa dan sarana ujian, Tenggaruddin mengatakan 207 siswa SMAN 8 Kendari siap mengikuti ujian, dan secara teknis telah disiapkan 70 unit komputer untuk 2 ruangan plus cadangan 20 komputer. Selain itu disiapkan 2 server utama plus 1 server cadangan. Hal utama yang menentukan keberhasilan pelaksanaan UNBK menurut Tenggaruddin adalah ketersediaan listrik dan jaringan internet. Untuk memastikan tak ada kendala terkait listrik dan jaringan, Tenggaruddin mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak PLN dan Telkom.

Dalam kelas khusus itu, ditempatkan dalam ruang guru dan dibimbing langsung oleh guru. Salah seorang pengajar SMAN 8 Kendari, Minarni mengatakan siswa di kelas khusus itu belajar semua mata pelajaran dan diajarkan bagaimana menganalisis soal-soal ujian agar lebih terarah. “Sehingga diharapkan, siswa lebih siap dan berhasil lulus,” timpal Minarni. (rtn/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top