Pariwara
Wakatobi

Rencana Relokasi Ditolak Pedagang di Wakatobi

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
Sejumlah pedagang di Pasar Sentral Wangiwangi menyuarakan penolakan relokasi. Padahal Pemkab Wakatobi berencana menata dan merenovasi sentra perkulakan di ibu kota kabupaten tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — Bukan hanya para pedagang di Pasar Sore milik swasta di Kelurahan Wanci, Kecamatan Wangiwangi dipindahkan ke lokasi yang telah disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi. Sebab pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat telah memiliki rencana untuk melakukan penertiban di Pasar Sentral Wangiwangi. Sesuai agenda, rencana relokasi akan dilakukan pada 5 Februari mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperindag Wakatobi, Safiuddin, menegaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk melaksanakan agenda ini. Selain Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Disperindag Wakatobi juga menggandeng Polres, Kesbangpol, Dinas Kebersihan dan Dinas Perhubungan. “Kita rencananya akan melakukan penertiban tanggal 5 Februari mendatang. Karena tahun ini kita ada program paving blok di area parkir dan terminal Pasar Sentral Wangiwangi,” terangnya, rabu (31/1).

Selain itu, akan ada peningkatan fasilitas. Sehingga untuk merealisasikan program tersebut, lokasi harus steril dari aktivitas pedagang. Pasalnya selama ini area parkiran dan terminal pada salah satu pasar terbesar di Wakatobi ini digunakan sebagai lokasi jual beli. Sayangnya rencana ini justru menuai penolakan dari para pedagang, utamanya yang menjual di lokasi area parkir. Mereka mengancam akan melakukan perlawanan jika rencana tersebut tetap dilakukan.

“Kami tak ingin pindah dari tempat ini. Lokasi yang disiapkan pemerintah merupakan milik perseorangan yang harus kami sewa. Tempat yang disiapkan pemerintah di sekitar pantai itu tidak layak dan di sana juga sudah penuh. Belum lagi kami harus sewa kalau menjual di sana. Kalau kami tidak menjual lagi, terus makan dan sekolah anak-anak kami mau gunakan apa,” keluh salah seorang pedagan Pasar Sentral Wangiwangi, Wa Amu, rabu (31/1).

Pedagang lainnya, La Hane, juga menyindir rencana pemerintah yang dianggap hanya menghabis-habiskan anggaran. “Coba dilihat, di lokasi ini kan belum ada kerusakan,” komentarnya. Sekadar diketahui, selama ini area parkiran dan terminal Pasar Sentral Wangiwangi digunakan sebagai lokasi jual beli. Puluhan lapak para pedagang sayur, makanan ringan berderet sejak lama. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top