Pariwara
Politik

Pilkada Juni Mendatang, Kesbangpol Kendari Ajak Pemilih Partisipatif

Ridwansyah Taridala

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun 2018 adalah tahun politik. Masyarakat sebagai objek politik itu akan senantiasa disibukan dengan topik dan kegiatan politik. Tidak terkecuali kawula muda yang masuk ketegori pemilih pemula. Mereka diharapkan menjadi partisipan aktif untuk menggunakan hak pilihnya. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari mulai menyosialisasikan terkait pentingnya menggunakan hak pilih itu, bukan hanya kepada pemilih pemula tetapi pemilih secara umum.

Kepala Kesbangpol Kota Kendari, Ridwansyah Taridala meyakini partisipasi pemilih pemula tahun ini akan meningkat dibanding pada Pilwali Kota Kendari. Salah satu parameternya adalah munculnya media sosial yang sudah menjadi wadah sosialisasi “ampuh” bagi para aktor politik. “Media sosial itu kalau kita lihat dari sisi positifnya sebenarnya sifatnya konstruktif. Mereka, para pemilih bisa melihat calon-calon dari media sosial. Saya yakin tahun ini lebih tinggi partisipasinya,” ujar Ridwansyah Taridala di ruang kerjanya, Rabu (31/1/2017)

Doktor managemen itu melanjutkan pemilih tidak boleh hanya aktif memantau perkembangan politik dari media sosial. Terpenting memastikan dirinya telah terdaftar di KPU dan memiliki surat panggilan. “Mari kita sukseskan pesta demokrasi kita dengan ikut serta di dalamnya. Ajak teman-teman yang lain sekaligus ini juga latihan berdemokrasi bagi anak-anak SMA yang baru masuk usia memilih,” ungkap Ridwansyah Taridala.

Kesbangpol juga akan menyelenggarakan sosialisasi secara khusus dengan mengundang pemilih pemula dan masyarakat umum yang baru masuk daftar pemilih tetap (DPT) tahun ini. “Selain anak sekolah mungkin ada juga pensiunan TNI dan Polri akan kita undang bulan depan dalam rangka sosialisasi partisipasi pemilih itu,” imbuh Ridwansyah Taridala. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top