Pariwara
Politik

Melanggar Asas Netralitas, Panwas Kolaka Rekomendasi ASN dan Kades Dijatuhi Sanksi

Iswanto

KENDARIPOS.CO.ID — Keterlibatan empat aparatur sipil negara (ASN) dan dua kepala desa (Kades) pada kegiatan deklarasi salah satu pasangan calon (Paslon) tinggal menunggu sanksi. Berdasarkan hasil kajian panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Kolaka, mereka dinyatakan melanggar asas netralitas. Atas dasar itu, Panwaslu mengeluarkan rekomendasi agar empat ASN dan dua Kader dijatuhi sanksi.

Komisioner Panwaslu Kolaka, Iswanto menegaskan pelarangan ASN dan Kades dalam kegiatan politik praktis diatur dalam UU. Bagi mereka yang terbukti melanggar, maka konsekuensinya adalah sanksi. Untuk empat ASN, pihaknya merekomendasikan ke Bupati Kolaka dan Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Kami sudah rekomendasikan ke instansi terkait agar yang bersangkutan diberikan sanksi. Untuk kepala desa kami sudah sampaikan rekomendasinya ke Kemendagri dan Bupati Kolaka selaku pejabat pembina pemerintahan desa,” kata Iswanto saat ditemui rabu (31/1).

Dengan adanya rekomendasi tersebut sambungnya, instansi serta pejabat yang berwenang dapat segera memberikan sanksi tegas bagi ASN dan kades yang melanggar tersebut. Sehingga, kasus tersebut dapat menjadi pelajaran dan menimbulkan efek jera bagi ASN maupun kades untuk tidak melakukan pelanggaran Pemilu. “Kami berharap mereka diberikan sanksi karena sudah terbukti melanggar. Supaya kejadian ini tidak terulang lagi,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya,dua orang kades yang bertugas di desa yang ada di Kecamatan Tangketada dan Kecamatan Iwoimendaa serta 4 ASN dilaporkan ke Panwas Kolaka karena dugaan pelanggaran pemilu. Dimana para kades dan ASN tersebut secara terang-terangan menyatakan dukungan terhadap salah satu pasangan Bakal Calon Bupati Kolaka. Bahkan diantaranya, ada yang menghadiri deklarasi dengan menggunakan atribut salah satu pasangan Bakal Calon Bupati Kolaka. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top