Pariwara
Buton Utara

Beasiswa Pendidikan di Butur Dihentikan

Agus Pria Budiana

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah seharusnya terus mengambil peran konkret dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa. Salah satunya melalui program beasiswa pendidikan yang disalurkan secara berkelanjutan. Gelontoran anggaran itu akan sangat bermanfaat dalam membiayai putra daerah agar bisa mengenyam pendidikan layak karena prestasi atau dianggap tak mampu.

Namun yang terjadi di Kabupaten Buton Utara (Butur), justru sebaliknya. Baru satu tahun berjalan, program bantuan pendidikan tak lagi dianggarkan. Tahun 2018 ini, putra daerah tak lagi bisa mengajukan bantuan pendidikan ke pemerintah. Padahal masih banyak masyarakat setempat membutuhkan uluran tangan pemerintah agar buah hati mereka bisa melanjutkan pendidikan tinggi.

Kepala Dinas Pendidikan Butur, Agus Pria Budiana, tak membantah jika program beasiswa pendidikan tak lagi masuk dalam pagu anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) induk tahun ini. Alasannya, klasik. Karena anggaran yang terbatas. “Beasiswa pendidikan tidak lagi dianggarkan tahun ini,” ulang Agus Pria Budiana saat ditemui di ruang kerjanya, rabu (31/1).

Mantan Camat Bonegunu itu beralasan, peraturan daerah yang mengatur tentang bantuan pendidikan belum ada. Olehnya itu, proses penyaluran beasiswa belum memiliki payung hukum yang kuat. Selama ini hanya mengacu pada peraturan bupati. “Anggaran beasiswa pendidikan tahun 2017 tak semuanya terserap. Masih ada kurang setengah miliar rupiah tak digunakan,” ungkapnya. Bupati Butur, Abu Hasan, juga membenarkan jika beasiswa pendidikan tak lagi dianggarkan. Kendati demikian, Mantan Karohumas Pemprov Sultra itu berjanji, akan menganggarkan kembali beasiswa pendidikan pada APBD Perubahan 2018.

“Meningkatkan kualitas sumber daya manusia putra daerah merupakan prioritas utama yang kami maksimalkan melalui jalur pendidikan. Hanya karena anggaran terbatas. Salahnya satunya, disebabkan Butur menjadi tuan rumah penyelenggaraan event provinsi sehingga menyedot cukup banyak anggaran,” alasannya. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top