Pariwara
Politik

KPUD Konsel Gelar Verifikasi Faktual

Verifikasi Faktual : Ketua KPUD Konsel, Herman menyalami Ketua DPC Gerindra Konsel usai memverifikasi susunan kepengurusan Partai Gerindra Konsel di kantor Sekretariat DPC Konsel, Selasa (30/1). Foto: Kamaluddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Menindaklanjuti hasil penelitian administrasi, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Selatan (Konsel) melakukan kunjungan ke sejumlah kantor Sekretariat partai politik (Parpol). Kunjungan ini tak lain untuk memvalidasi dokumen Parpol dan kondisi di lapangan. Bersama anggota panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Konsel, KPU mendatangi kantor sekretariat partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Konsel, Selasa (30/1).

Ketua KPU Konsel, Herman mengatakan pihaknya akan melakukan kunjungan di sejumlah Parpol. Hal ini untuk memastikan data keanggotaan, sekretariat dan dokumen parpol lainnya. Dari hasil verifikasi yang dilakukan di partai Gerindra Konsel, jumlah keanggotaannya sebanyak 459 orang. Dari jumlah itu, sebanyak lima persen yang akan dijadikan sample atau 21 anggota yang diverifikasi. Dengan menunjukan indentitas masing masing anggota seperti KTP, KTA serta struktur kepengurusan.

“Termasuk kepengurusannya DPC Gerindra juga dilakukan verifikasi faktual. Adapun hasilnya nanti diumumkan setelah dilakukan rapat pleno, apakah memenuhi syarat atau tidak,” jelasnya

Adapun rencana pelaksanaan pleno hasil verifikasi akan digelar pada tanggal 1 Januari 2018 di Aula KPU Konsel.

“Tentunya setelah 13 Parpol ini diverifikasi maka kita akan undang pada saat pleno dan disitu akan diumumkan apakah memenuhi syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Jadi berita acara pleno kita akan langsung serahkan kepada masing-maskng Parpol,” jelasnya.

Bagi Parpol yang TMS kata dia, maka akan diberikan kesempatan masa perbaikan dari tanggal 2-5 februari. Sementara yang sudah MS maka tidak lagi mengikuti perbaikan.

Selain partai besutan Prabowo Subianto itu, KPU Konsel telah melakukan verifikasi terhadap parpol lainnya, yakni Demokrat, Nasdem, Gerindra, PKS dan Berkarya.(b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top