Pariwara
Politik

Konawe Masuk Zona Merah Rawan Pilkada

Supervisi : Kabag Harkam Mabes Polri, Irjend Pol Agung Sabar Santoso memberi pengarahan pada jajaran Polres Konawe dalam rangka operasi mantap praja Anoa 2017-2018. Foto: Helson/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan Pilkada Konawe mendapat perhatian serius kepolisian. Pasalnya, Konawe merupakan salah satu zona merah. Berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang dirilis Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Konawe masuk daerah rawan Pilkada tahun 2018. Tak heran, tim asistensi dan supevisi Mabes Polri berkunjung ke Konawe melakukan pemantauan. Kunjungan ini sekaligus bagian dari operasi mantap praja Anoa 2017-2018.

Kabag Harkam Mabes Polri, Irjend Pol Agung Sabar Santoso mengatakan meski berstatus zona merah namun kondisi Konawe tetap kondusif. Hal ini tak lepas dari kesiapsiagaan Polres Konawe dalam memantau potensi kerawanan. Namun demikian, ia meminta jajaran kepolisian tetap waspada.

“Dengan kesiapan yang disampaikan Kapolres, saya yakin kondisi ini bisa dipertahankan. Tapi kita harus tetap waspada. Untuk itulah, bangun sinergi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panwas untuk menciptakan kondisi Pilkada yang kondusif,” kata mantan Kapolda Sultra ini selasa (30/1).

Untuk menjaga kondisi ini, ia menekankan netralitas Polri. Kepolisian harus menangani kasus Pilkada secara profesional, tidak melibatkan satuan atau perorangan dalam kegiatan Pilkada yang menguntungkan salah satu Paslon. Misalnya saja, dalam menangani laporan semua Paslon harus ditangani dengan porsi sama.

“Selain itu, foto bersama Paslon juga tidak boleh. Untuk masa Pilkada ini, semua harus hindari foto bersama tim pemenangan atau paslon. Beritahu, bahwa tahun politik ini personil kepolisian dilarang berfoto, untuk mempertahankan asas netralitas. Apabila ada laporan, maka akan ada sanksi seperti dipindahkan tugaskan ke jabatan berbeda, atau dipindahkan ke wilayah berbeda,” tandasnya.

Kapolres Konawe, AKBP Muhammad Nur Akbar mengatakan, bahwa dalam pelaksanaannya ia menyadari sesuai disampaikan KPU Pusat, Konawe dikategorikan zona merah. Namun, hal itu ia jadikan tantangan bahwa pihaknya bisa mengamankan Pilkada di wilayahnya.

“Kami akan menjawab bahwa zona merah itu tidak ada di tempat kita, karena kita pernah ada satu kelalaian dari penyelenggara dan keamanan, sehingga dengan ini kami selalu belajar dan akan memperkuat apa yang menjadi kelemahan kami,” ujarnya.

Sesuai arahan tim dari mabes Polri, pihaknya sudah menyusun potensi kerawanan dan sudah mengambil langkah untuk menghandel potensi kerawanan. “Begitu juga dengan Konawe Utara, kami akan turun kesana sebelum pemilihan gubernur, karena dua daerah ini menjadi prioritas kami,” tandasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top