Pariwara
Metro Kendari

Honorer K2 Meninggal Tak Bisa Diganti

Nur Endang Abbas

KENDARIPOS.CO.ID — Ada kabar menggembirakan soal nasib honorer Kategori 2 (K2) tahun 2018 ini. Informasinya, mereka yang surat pengangkatannya Januari 2005 akan segera diangkat menjadi Aparatur Sipil Negera. Hal ini menyusul rencana pembahasan revisi UU Aparatur Sipil Negara (ASN) oleh DPR RI dalam waktu dekat.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) saat ini masih menyelesaikan verifikasi data honorer yang ada secara nasional untuk selanjutnya menjadi dasar pengambilan keputusan bersama nantinya.

Rencana pengangkatan itu sudah sampai ketelinga honorer hingga pelosok kabupaten dan kota. Makanya, banyak honorer yang kembali “aktif”. Bahkan keluarga berhasrat mengganti honorer yang sudah meninggal dunia. Fenomena itu dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, Nur Endang Abbas.

Mantan Sekretaris Bappeda Sultra itu memastikan data honorer Sultra terus diperbaharui setiap tahun. “Dulu kita punya (honorer) 1.000 lebih, tapi karena kita evaluasi terus maka honorer yang aktif dan masih digaji oleh daerah itu hanya sekira 891 orang,” ujar Nur Endang Abbas, Selasa (30/1).

Sehingga lanjut dia, mereka yang tidak aktif atau meninggal dunia langsung dicoret dan tak bisa digantikan. “Kita tidak tahu kalau nanti ada kebijakan baru saat ada pemerintahan baru. Yang pasti, sekarang honorer K2 yang tidak aktif atau meninggal dunia langsung kita coret. Banyak yang bermohon diganti oleh keluarganya. Tapi tidak bisa karena datanya itu sudah di BKN. Tidak mungkin kita ganti,” ungkap Nur Endang Abbas.

Lebih lanjut Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sultra ini mengaku belum mendapat informasi resmi dari pemerintah. Semua persoalan K2 masih dalam kajian teknis antara pemerintah dan DPR. “Kalau CPNS profesi itu kita sudah disampaikan. Kalau K2 dalam rapat selasa (30/1) belum dibahas sama sekali, meskipun di media sosial itu sudah banyak di posting,” tukas Nur Endang Abbas. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top